oleh

Gelar Webinar, Kalla Business School Hadirkan Tiga Pembicara Hebat

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Bisnis, Headline-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kalla menghelat webinar nasional bertajuk ‘Menembus Masa Depan Bisnis di Era Normal Baru’ dengan pembicara nasional Sandiaga S Uno, Rachmad Kaimuddin, dan Fatimah Kalla.

Sandiaga S Uno yang dikenal publik sebagai seorang pebisnis handal Indonesia, Rachmat Kaimuddin, Putra Sulsel yang dipercaya menduduki jabatan CEO Bukalapak saat ini dan Fatimah Kalla, Presiden Komisaris Kalla Group sekaligus Ketua Umum Yayasan Hadji Kalla.

Dihadirkannya webinar ini berkenaan dengan merosotnya pendapatan riil, bertambahnya pengangguran, lesunya penjualan ritel dan terpuruknya industri manufaktur hanyalah sebagian kecil dari dampak pandemi Covid 19 ini terhadap perekonomian negara.

Sebagai pembuka kegiatan webinar, pembicara pertama Ibu Fatimah Kalla, secara apik menerjemahkan tema hari jadi Kalla Business School tahun ini, yaitu Pendidikan, Inovasi dan Pengabdian

“Kita tidak memungkiri, ada unit bisnis kita yang harus dievaluasi karena situasi pandemi. Namun, kita tetap berusaha seoptimal mungkin untuk tetap bisa berjalan dan meminimumkan risiko PHK, kuncinya produktif, tidak melupakan kearifan lokal,” ungkap Fatimah Kalla Sabtu (01/08/2020) kemarin

Sementara itu, Rachmat Kaimuddin dalam sesinya menguraikan tentang Teknologi, Inovasi dan Mobilitas dalam Masyarakat Digital. Menurut Rachmat, teknologi inovasi sangat mempengaruhi kemampuan mobilitas dewasa ini.

“Interaksi manusia dengan kegiatan perdagangan banyak sekali membetuk peradaban. Teknologi dalam perdagangan dapat dilakukan dengan cepat, didukung oleh informasi. Bukalapak konsepnya orang dapat terkoneksi melalui perdagangan, karena kami percaya dengan platform ini bisa membantu dalam perdagangan barang dan jasa. Fokus kita memberdayakan mass market dan UMKM karena mereka banyak tidak tersentuh dengan teknologi,” jelas Rachmat Kaimuddin.

Selain itu, Rachmat juga menyampaikan sejumlah data mengenai pertumbuhan ekonomi Indonesia yang banyak dikontribusikan oleh transaksi melalui internet. Kendalanya, masih banyak usaha yang tidak mengaptasi teknologi atau meskipun melek internet namun masyarakat belum percaya jika dilakukan.

Sejalan dengan itu, Sandiaga Uno Dalam paparannya beliau memberikan motivasi kepada peserta webinar  bahwa ada solusi ekonomi yang dapat dihadirkan di saat pandemic.

“Ekonomi di tengah pandemi ini perlu dibangun dengan basis silaturahim, berbasis jejaring dan berbasis ekosistem. Jangan terlalu banyak konsep, segera rencanakan dan uji dengan eksekusi. Kesempatan ini ada di tangan teman-teman. Mudah-mudahan di tengah pandemi ini bisa membuka kajian baru di bidang kewirausahaan,” papar Sandiaga Uno.

Komentar