oleh

Diduga Ada Pungli, Penghuni Rusunawa Bakal Serbu Balai Kota

Editor : Syarifah Fitriani-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Para penghuni rumah susun sewa (rusunawa) Kampung Lette, Kecamatan Mariso, Kota Makassar berencana melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Wali Kota Makassar, Senin (3/8/2020) hari ini.

Hal itu bermula dari keluhan para penghuni menduga ada pungutan liar (pungli) dan tidak transparannya pengelola rusunawa tersebut serta dinilai merugikan para penghuni yang menyewa.

Koordinator aksi, Afdal mengatakan, pihaknya bersama para penghuni rusunawa hanya ingin meminta kejelasan pengelola rusunawa yang tidak transparan dalam pengelolaan rumah susun sewa yang dikelola Pemkot Makassar itu.

Dia mengatakan, diduga ada pungli-pungli terhadap penghuni rusun yang dikeluhkan para penghuni. Terutama soal pemeliharaan rusun yang kian hari tidak pernah beres.

“Karena berbagai persoalan itu, kami berencana akan melakukan aksi unjuk rasa mengadukan persoalan ini kepada Pemerintah Kota Makassar,” jelas Afdal.

Rusunawa Mariso sendiri dibangun sejak 2005 silam dan saat ini sudah dipergunakan sebagai tempat hunian banyak kepala keluarga. Rusun Mariso terdiri dari dua lokasi yang bersebelahan dan terpisah oleh kanal Rajawali dan memiliki enam bangunan per lokasinya.

Di setiap bangunan, terbagi atas empat lantai, dimana parkiran sebagai lantai dasarnya. Mayoritas penghuni rusun adalah pekerja yang tinggal berkeluarga dengan pekerjaan yang beragam, utamanya yang berhubungan dengan sektor informal. Seperti tukang ojek, nelayan, pengemudi online, buruh bangunan, dan sebagainya. (bkm)

Komentar