oleh

Alokasi Anggaran Besar, Tapi Kok Gaji Nakes Belum Dibayarkan?

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Armansyah-Pemerintahan, Wakil Rakyat-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Hingga saat ini, insentif atau upah untuk dokter dan tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Daya Makassar belum terealisasi. Padahal alokasi anggaran yang disiapkan Pemerintah Kota Makassar cukup besar.

Hal itu pun menjadi sorotan bagi DPRD Kota Makassar. Anggota Komisi B DPRD Kota Makassar, Mario David menyampaikan, hasil monitoring dan evaluasi (monev) triwulan II terhadap Dinas Kesehatan terkait realisasi pendapatan cukup baik. Namun, dirinya menyoroti perihal insentif dokter dan nakes hingga kini belum diberikan.

“Ada tenaga kesehatan dan dokter belum dibayarkan. Padahal, dana transfer dari pusat telah diberikan ke Pemkot Makassar,” kata Mario, Rabu (5/8).

Alasan belum dibayarkan hanya persoalan teknis. Meski begitu, kata Mario, pihaknya mendesak agar insentif segera dibayarkan karena dokter dan nakes telah bekerja menangani covid.

“Infonya belum dibayar karena mereka takut mencairkan. Harapannya, PPTK tetap bekerja profesional dan segera bayarkan,” ungkapnya.

Diketahui, Kementerian Keuangan mengalokasikan anggaran sebesar Rp75 triliun. Itu, untuk tunjangan atau insentif bagi dokter dan tenaga kesehatan yang menangani covid-19. Anggaran ini disalurkan melalui Kementerian Kesehatan ke pemerintah daerah.

Komentar