oleh

Hari Pekan ASI Sedunia, Pemkot Parepare Sosialisasikan Pentingnya Selamatkan Bayi Melalui Pemberian ASI

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

Hari Pekan ASI Sedunia, Pemkot Parepare Sosialisasikan Kelas Ibu Hamil “Asi dan Menyusui”

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan delapan Puskesmas, melaksanakan kegiatan Kelas Ibu Hamil, di Kelurahan Lumpue, Kamis (6/8/2020) dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan itu dilakukan untuk memperingati hari Pekan Air Susu Ibu (ASI) Sedunia, dengan mengangkat Tema ‘ASI dan Menyusui’.

Kepala Bidang Pelayanan, Promosi dan SDK Dinas Kesehatan Kota Parepare, Kasna menjelaskan, kegiatan kelas ibu hamil itu dilakukan, untuk mensosialisasikan pekan ASI sedunia yang diperingati tanggal 1 sampai dengan 7 agustus dengan tema “Support Breastfeeding For A Healthier Planet”. Dari tema itu lanjut dia, dapat diangkat bahwa sebanyak 820 ribu anak dapat diselamatkan dari kematian dengan menyusui.

“Kenapa menyusui itu menyelamatkan kematian bayi, karena dengan menyusui itu, selain untuk kesehatan anak dan kesehatan ibu, juga memenuhi kebutuhan nutrisinya. Tak kalah pentingnya dengan menyusui ini menjalin kebutuhan emosional hubungan batin antara ibu dengan anak,” jelas Kasna.

Ditambahkan Kasna, di tengah wabah pandemi covid-19, dengan menyusui juga, dapat menjamin pemberian pangan secara berkelanjutan.

Selain itu kata Kasna lagi, pemerintah melalui konselor atau para pemberi edukasi konseling menyusui di Puskesmas atau dimanapun berada, ibu menyusui juga bisa mendapat akses informasi tentang ASI atau dapat difasilitasi untuk menyusui.

“Melalui menyusui ini kita mendukung upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota yakni melalui suatu kegiatan parepare peduli cegah stunting,” tambahnya

Hal senada juga disampaikan Kepala Puskesmas Lumpue Irnawati, mengatakan kegiatan kelas ibu hamil ini dilakukan bertepatan dengan perayaan Hari Pekan ASI Sedunia.

Melalui kegiatan itu kata dia, para peserta kelas ibu hamil itu dapat menerapkan atau mengimplementasikan bagaimana pemberian ASI yang benar kepada Bayi dan Balita.

“jadi untuk tahun ini 1 kelurahan itu kita buka hanya 1 kelas, sekali dalam setahun. Insya Allah tahun depan bisa berperiode seperti tahun-tahun sebelumnya. Kelas Ibu Hamil ini kita berharap, para ibu-ibu yang ikut betul-betul memperhatikan, karena ini merupakan pelajaran yang sangat berharga dan diimplementasikan, karena ASI merupakan makanan yang paling penting untuk anak kita,” harap Irna.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Lurah Lumpue yang diwakili Kepala Seksi Pemerintahan, Muhlis, dihadiri Kepala Bidang Pelayanan, Promosi dan SDK Dinas Kesehatan Kota Parepare, Kasna, dan Kepala Puskesmas Lumpue Irnawati.
(***)

Komentar