oleh

17.260 Pengendara di Sulsel Terjaring Operasi Patuh

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Sugi Hartono-Hukum-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kepolisian Daerah Sulsel melakukan operasi patuh. Kegiatan itu dilaksanakan pada tanggal 23 Juli Hingga 5 Agustus kemarin. Dari operasi itu Polda Sulsel menindak 17.260 pengendara.

Kabag Bin Opsnal Ditlantas Polda Sulsel, AKBP Suratmin mengatakan dari jumlah itu yang dilakukan penilangan hanya 6684. “Sementara sisinya yakni 10.567 pengendara hanya dilakukan teguran lisan,” katanya.

Ia mengatakan dibanding tahun lalu, pengendara yang ditilang cukup turun dimana pada tahun 2019 ada sekitar 20.812 orang.

“Karena memang pada tahun ini kita tidak targetkan tilang, karena sedang pandemi covid 19 tentunya ekonomi masyarakat juga menurun,” katanya.

Lanjut Suratmin dalam operasi 14 hari ini, pihaknya merangkum pelanggaran dengan sanksi tilang tertinggi yakni kepada pengendara yang tidak menggunakan helm standar,

“Jumlahnya 2481, ditambah melawan arus 563, dan disusul pengendara dengan kecepatan maksimal” katanya

Untuk pengendara yang berada dibawah pengaruh alkohol, khusus 2020 ini pihaknya tidak menemukan sama sekali.

“Kalau berkendara dibawah pengaruh alkohol itu nihil sama tahun sebelumnya juga begitu. Yang naik satu kasus yaitu menggunakan handphone saat berkendara di tahun 2020 ada 112 kasus, sebelumnya 111 kasus,” katanya

Sementara untuk angka kecelakaan Suratmin mengatakan angkanya cukup naik. Dimana kata Ia pada tahun 2019 angka kecelakaan itu sekitar ada 98 kasus lakalantas, tahun 2020 naik 104 kasus.

“Persentase kenaikannya itu sekitar 6%, dengan mengakibatkan korbanya nyawa yakni sembilan orang ” katanya.

Meski demikian, jika dibandingkan dengan pertumbuhan kendaraan tiap tahunnya, penekanan angka kecelakaan di masyarakat sudah bisa dikatakan berhasil.

“Tapi kalau kita sandingkan dengan peningkatan jumlah kendaraan setiap tahun yang begitu besar dengan kondisi jalan seperti sekarang. Hasil ini sudah bagian keberhasilan kita untuk menekan angka kasus kecelakaan lalu lintas termasuk efek yang ditimbulkan,” tutup suratmin.

Komentar