oleh

BPJamsostek Bayarkan 7.000 Klaim Korban PHK Di Sulsel

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Sebanyak 7.000 klaim dari korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) telah dibayarkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJamaostek) Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku dan Papua (Sulampua).

Jumlah klaim PHK tersebut mengalami lonjakan signifikan terhitung sejak maret hingga Juni 2020 lalu setelah pandemi covid 19 masuk di Indonesia.

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Maluku, Toto Suharto menyebutkan, data dari Dinas Ketenagakerjaan ada sekitar 20.000 Korban PHK di Sulsel, namun yang mengajukan klaim di BPJamaostek hanya 7.000 orang.

“Selama pandemi covid 19, peningkatan jumlah korban PHK terus terjadi. saat ini total yang sudah mengambil klaim di kita sekitar 7000 klaim, karena ini tersebar di seluruh Sulawesi Selatan,” kata Toto saat ditemui di Lonching BCC di pantai Akkarena Makassar, Sabtu (08/08/2020).

Lanjut Toto, dari 7000 klaim korban PHK,  tenaga kerja yang paling terdampak adalah sektor pariwisata.

“Dari 7000 klaim, sekitar 15 hingga 20 persen di dominasi oleh sektor pariwisata. Beruntung Pemprov memberdayakan beberapa hotel menjadi hotel covid,” tambahnya

Komentar