oleh

Akses Cepat Data Gender dan Anak, DP3A Parepare Lahirkan Inovasi Aplikasi “SIGA”

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) menggelar sosialisasi pengelolaan Sistem Informasi Gender dan Anak dan Penyusuna Profil Gender dan Kesejahteraan Anak Tahun 2020.

Kegiatan dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Hj Rostina Rahman, mewakili Wali Kota Parepare, di Balai Ainun, Rabu (12/8/2020).

Dalam laporannya, Hj Rostina menyampaikan, kegiatan itu untuk melahirkan komitmen bersama dalam mewujudkan ketersediaan data informasi gender dan anak di Kota Parepare.

“dengan adanya aplikasi SIGA yang kami sosialisasikan ini, diharapkan pelaksanaannya betul-betul optimal di semua SKPD dan Lembaga sehingga nantinya untuk kebutuhan-kebutuhan pemerintah kota terkait dengan data gender dan anak itu, dapat mudah di akses sehingga dalam pengambilan keputusan maupun kebijakan lebih terealisasi secara cepat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesetaraan Gender, Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3A) Kota Parepare, Sriyanti Ambar menjabarkan, pelaksanaan kegiatan itu untuk membangun sebuah bank data berisi sistem informasi data gender dan anak secara digital dan lengkap sesuai kebutuhan, serta memudahkan proses penginputan pada setiap SKPD/lembaga.

“Output pengelolaan SIGA yaitu ada sebuah bank data terkait dengan data gender dan anak dan juga ada masing-masing petugas atau operator SIGA di masing-masing SKPD/ lembaga Instansi Vertikal. Jadi hari ini diberikan username dan password pada masing-masing SKPD dan Instansi, dan nantinya memudahkan informasi bagi para pengambil kebijakan di SKPD/instansi/lembaga dan Pemerintah Kota Parepare yang berkaitan dengan data gender,” urai Sriyanti
(***)

Komentar