oleh

Grab Kembangkan UMKM Sulawesi Lewat Program #TerusUsaha

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Ekobis-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Dalam usaha mendukung pembaharuan ekonomi dimasa pandemi, Grab menghadirkan langkah pengembangan usaha dengan menghadirkan program #TerusUsaha.

Kehadiran program tersebut mencakup beragam solusi berupa pelatihan, pendampingan dan penyediaan teknologi, untuk percepatan transformasi digital ratusan ribu UMKM Sulawesi.

Tidak hanya itu, program ini juga berisi berbagai solusi digitalisasi termasuk pemberian iklan gratis bagi ribuan UMKM, aplikasi untuk digitalisasi bisnis dan individu yang kehilangan pekerjaan melalui aplikasi GrabMerchant dan GrabKios, dengan berperan sebagai portal khusus bagi UMKM agar bisa belajar dan mencari inspirasi.

Halim Wijaya, Head of East Indonesia Grab Indonesia, menjelaskan bahwa dengan hadirnya program ini, Grab kan segera memulai kerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Kota Makassar untuk mendorong lebih banyak usahawan tradisional masuk dalam digitalisasi, juga mendukung pemulihan sektor pariwisata.

“Data dari pemerintah provinsi Sulawesi Selatan mencatat ada hampir 2.000 UMKM yang mengalami dampak negatif akibat pandemi COVID-19.1 Padahal, sebelum terjadi pandemi, Riset Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara mengungkapkan bahwa pekerja lepas dan UMKM yang didukung teknologi Grab berkontribusi sebesar Rp4,2 triliun bagi perekonomian Sulawesi Selatan pada tahun 2018 dan di tahun 2019 UMKM melihat peningkatan pendapatan hingga 194% melalui digitalisasi,” jelas Halim.

Lebih jauh dirinya mengungkapkan bahwa dalam era tatanan kehidupan baru, 9 dari 10 masyarakat Sulawesi Selatan bertransaksi secara digital, sejalan dengan temuan BPS yang menunjukkan 26,31% masyarakat Sulawesi Selatan berbelanja dari rumah.

“Dua hal ini menandakan bahwa digitalisasi UMKM menjadi sangat penting dalam membantu UMKM lokal untuk bangkit guna menjaga ketahanan ekonomi dan penyediaan lapangan kerja di era new normal ini,” ungkap Halim.

Olehnya hadirnya program #TerusUsaha ini sejalan dengan komitmen jangka panjang GrabForGood untuk membawa lebih banyak dampak positif dari teknologi. Solusi digitalisasi yang dihadirkan ini bukan hanya dapat membantu pelaku UMKM untuk bangkit, tapi juga mendorong munculnya UMKM baru di Sulawesi Selatan agar dapat memberikan kontribusi besar untuk perekonomian daerah.

“Kami juga bangga dapat bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota untuk segera menghadirkan 16 solusi terintegrasi dalam waktu dekat. Untuk menyambut Hari UMKM yang jatuh pada 12 Agustus 2020, kami sangat berharap akan lebih banyak UMKM dan bisnis tradisional bertahan dan bertumbuh lewat berbagai solusi konkret yang Grab hadirkan ini,” tutup Halim

Komentar