oleh

Sisir Pantai Gunakan Speed Boat, Erna Rasyid Taufan Berpesan Jaga Ekosistem Laut Lewat Alquran

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Memanfaatkan keseharian di masa pandemi saat ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan kerap menggunakan waktu merefresh diri dengan menyisir pantai Lowita, yang terdapat di belakang villa pribadi, miliknya.

Refreshing ala ERAT, akronim nama Istri Walikota Parepare ini kerap dilakukan bersama para kader PKK dan beberapa anggota organisasi yang dibinanya.

Saat menyisir pantai, ia sambil memperhatikan sampah-sampah plastik yang dinilai mencemari lingkungan.

Di tengah laut pada kedalaman 100 meter, Erna menyempatkan mengimbau warga lewat ceramah, yang menjadi ciri khasnya.

“Saya akan menyampaikan pesan dalam AL Quran agar kita manusia tetap menjaga lingkungan hidup termasuk laut. Islam sebagai rahmatan lil alamin sangat memperhatikan penyelamatan dan pemeliharaan lingkungan serta melarang berbuat kerusakan di muka bumi ini,”ucap Erna Rasyid Taufan saat menyampaikan kultum singkat di atas speed boat.

Menurut Pembina Kajian Cinta Alquran (FKCA) Parepare ini, semakin banyak sampah plastik di lautan, maka semakin besar ancaman bagi kelestarian ekosistem di laut. Meski ancaman kerusakan tidak hanya berasal dari sampah plastik, tetapi dia tetap mengingatkan bahwa dampak yang ditimbulkan dari sampah plastik juga sangat berbahaya.

“Banyak yang tidak menyadari hal-hal yang kecil. Saya sehari-hari berjalan di pesisir pantai, itu sangat kotor . Setiap hari pasti bertambah sampahnya. Ada yang membuang plastik dan kita tahu plastik itu sangat berbahaya. Jadi jika kita tidak memelihara ekosistem, terkhusus lautan, jadi bagaimana nasib kita ini, contohnya nelayan tidak bisa mencari ikan jika ekosistem laut sudah rusak,” pesan Erna.
(***)

Komentar