oleh

Apresiasi Customer, Pelindo IV Ambon Gelar Gathering dan Achievement Award 2019

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Berita, Ekobis-

AMBON, BACAPESAN.COM – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menggelar Gathering & Achievement Award 2019 bagi para customer pengguna jasa yang telah mendukung transformasi di Cabang Ambon.

Gelaran ini berlangsung di Ruang Serbaguna Lantai 4 Kantor Pelindo IV Cabang Ambon yang dihadiri oleh Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Prasetyadi bersama Direktur Operasi dan Komersial Pelindo IV, M. Adji, Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis (TPB) Pelindo IV, I M. Herdianta dan Corporate Secretary Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto, serta pejabat struktural Pelindo IV lainnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala KSOP Kelas 1 Ambon, Ketua DPW Alfi/Ilfa Maluku, Ketua DPC APBMI, Ketua DPC INSA, Direktur PT Tanto Intim Line, Kepala Cabang Perusahaan Pelayaran dan Pimpinan Perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi (JPT).

Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan para customer pengguna jasa dan seluruh stakeholder.

“Kami juga akan mengembangkan program serupa, terutama pada pelayanan petikemas di pelabuhan-pelabuhan kelolaan Pelindo IV secara bertahap,” ujarnya.

Sementara itu, General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Ambon, Ady Sutrisno menuturkan, penghargaan tersebut diberikan kepada customer pengguna jasa yang telah memberikan dukungan kepada pihaknya selama melakukan transformasi di Terminal Petikemas Pelabuhan Ambon.

“Penghargaan ini juga merupakan feedback atas dukungan yang telah diberikan oleh para customer pengguna jasa, serta untuk semua kerja sama yang telah dilakukan selama ini,” tutur Ady.

Dalam Gathering & Achievement Award 2019 tersebut, pihaknya memberikan penghargaan kepada tiga customer pengguna jasa sesuai kategori yang ditetapkan. Pertama, The Best of Regarding Highest Revenue Contribution (Perusahaan Terbaik Kategori Perusahaan dengan Kontribusi Pendapatan Terbesar).

Kedua, The Best of Disbursement of Receivables (Perusahaan Terbaik Kategori Perusahaan dengan Respon Terbaik Dalam Pelunasan Piutang Usaha).

“Dan ketiga, The Best of Compliance with the Application System (Perusahaan Terbaik Kategori Perusahaan dengan Respon Terbaik Dalam Ketaatan Sistem Aplikasi),” sebut Ady.

Seperti diketahui, Pelabuhan Ambon merupakan salah satu pelabuhan kelolaan yang telah melakukan transformasi melalui pengembangan proses bisnis, modernisasi peralatan, pengembangan IT, serta penyegaran struktur organisasi.

Transformasi tersebut melihat adanya peningkatan kapasitas dan volume pelayaran yang cukup tinggi, termasuk yang melintasi Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Ady membeberkan, saat ini proses transformasi di Cabang Ambon yang sudah berjalan telah membuahkan hasil. “Di mana produktivitas container handling (bongkar muat petikemas) sudah meningkat jauh. Salah satunya, kinerja operator crane naik dari 10 box petikemas per jam menjadi 25 box petikemas per jam.”

“Secara fisik, perubahan di dermaga juga terlihat. Terminal petikemas yang merupakan kawasan terbatas (restricted area) mulai steril, sehingga keamanan dan keselamatan container handling lebih terjamin,” tukas Ady.

Dia menambahkan, dengan era digitalisasi dan adanya pandemi Covid-19, para pengguna jasa juga sudah dapat merasakan layanan yang ada di Pelindo IV Cabang Ambon. “Dengan adanya penerapan physical distancing dan social distancing untuk memutus rantai penyebaran virus corona, pengguna jasa saat ini sudah dapat mengakses layanan dari mana saja, tanpa harus datang ke kantor Pelindo IV Cabang Ambon.” tambahnya

Selain itu, lanjut Ady, dengan digitalisasi di Pelabuhan Ambon, pengguna jasa kini sudah bisa melakukan tracking posisi barang atau kontainernya sudah berada di mana. “Apakah masih berada di atas kapal, atau sudah di pelabuhan. Semua sudah bisa diakses oleh pengguna jasa dari mana saja dan kapan saja,” terangnya.

Komentar