oleh

Naik Status, Tersangka Kasus PLTS Takalar Segera Diumumkan

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Sugi Hartono-Headline, Korupsi-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Kejaksaan Tinggi Sulsel akhirnya menaikan kasus Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Takalar ke tahap penyidikan.

Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel Firdaus Dewilmar yang dikonfirmasi membenarkan bila kasus ini telah digelar perkarakan untuk naik ke tahap selanjutnya.

“Benar, kasus PLTS sudah dik (penyidikan),” katanya

Dalam gelar perkara itu, penyidik Kejaksaan Tinggi Sulsel sudah mendapatkan dua alat bukti yang mengarah pada adanya tindakan perbuatan melawan hukum.

“Terkait siapa tersangkanya kita masih dalami lagi, dalam waktu dekat kita pasti umumkan,” katanya

Dalam kasus itu, lanjut dia, pihaknya telah menemukan adanya dugaan tindak pidana korupsi. Dugaan korupsi itu diantaranya ada pada kesalahan spek hingga adanya kemahalan harga dalam proses pembelian.

“Temuannya itu terkait kesalahan spek hingga adanya dugaan kemahalan harga terutama yang tahun 2016,” katanya

Diketahui PLTS ini merupakan salah satu program dari Pemerintah melalui Kementerian Ekonomi Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) Proyek ini bernilai puluhan Miliar dan dilaksanakan beberapa pulau.

Proyek ini dilaksanakan secara bertahap. Dari 2015 – 2018. Dimana PLTS Dusun satangnga Desa mattiro baji tahun 2015, PLTS Dusun balangdatu desa balangdatu tahun 2016, Plts dusun rewataya desa rewataya tahun 2016, plts Dusun lantang peo desa rewataya tahun 2017, Plts dusun labbotallua desa mattiro baji tahun 2017. Namun dalam perjalanannya PLTS tersebut tidak lama dinikmati oleh masyarakat.

Komentar