oleh

Makna Sahabat, Jadi Tema Khutbah Jumat Kabag Kesra

Editor : Syarifah Fitriani-Barru-

BARRU, BACAPESAN.COM – Masjid Mujtahid, Matene, Kelurahan Tanete, Tanete Rilau menjadi saksi kedekatan hubungan Ulama, Umara dan Masyarakatnya, benar-benar tanpa sekat. Jumat (21/8/2020).

Kehadiran Bupati Barru Suardi Saleh bersama rombongan Safari Jumat Berkah disambut antusiasme masyarakat. Safari Jumat yang memang menjadi rutinitas mingguan untuk hadir di pelosok wilayah dengan berbaur dengan pengurus masjid dan jamaah demi menggelorakan visi Nafas Keagamaan Barru.

Kali ini, Masjid Mujtahidin Matene yang dikunjungi oleh Bupati Barru yang dalam arahannya setelah melaksanakan shalat Jumat membuka dengan menekankan pada edukasi standar Protokol Kesehatan Covid-19.

“Di kabupaten Barru ini, kita bersyukur karena kita masih status kuning dan penyebarannya tidak terlalu mengawatirkan, Alhamdulillah (Jamaah Masjid ini) semuanya pakai masker” ujar Suardi Saleh dihadapan warga Matene.

Matene merupakan satu lingkungan di Kelurahan Tanete yang berada di muara Sungai Botto’e dengan aktivitas Nelayan yang kuat. Perkampungan nelayan ini merupakan kampung halaman dari salah satu tokoh muda terkemuka Barru di Organisasi Keagamaan, yaitu Ketua Wahdah Islamiah Kabupaten Barru Sofyan, yang kebetulan hadir sebagai pengurus masjid Mujtahidin Matene.

“Ada lima hal yang perlu saya sampaikan, pertama jangan lupa pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, tingkatkan imun, dan tingkatkan iman” sebut Suardi Saleh sembari menekankan bahaya penyakit Covid-19 serta memohon permakluman atas kebijakan yang pernah diambil demi menjaga kesehatan warga Barru.

Selain itu, Suardi Saleh menyampaikan bahwa di Barru, Safari Jumat ini telah dilaksanakan setiap Minggu di beberapa masjid dan akan terus diupayakan untuk berkelanjutan sehingga semua masjid mendapatkan berkah safari Jumat berupa silaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Barru dan bantuan keuangan sejumlah Lima puluh juta rupiah. Hal ini menurutnya sebagai support atas keberadaan masjid dan pengurus masjid termasuk remaja masjid yang menjadi penopang utama “Nafas Keagamaan” yang menjadi Visi Misi Pembangunan Kabupaten Barru.

“Kita menyadari bagaimana peran menuntun Barru dengan senantiasa bernafaskan keagamaan, Ini jangan hanya jadi simbol, tapi semua organisasi, lembaga keagamaan, menjadikan ini sebagai semangat membangun Barru” sebut Bupati Barru.

Dengan rendah hati, Suardi Saleh meminta permakluman kepada pengurus masjid, guru mengaji, dan pegawai syara sebab Tahun 2020 ini, sebab Umroh yang tiap tahun menjadi bagian motivasi kepada pengurus masjid tidak dapat dilaksanakan meskipun telah dianggarkan sebab pemerintah Arab Saudi membatasi bahkan tidak memperkenankan hal ini akibat Pandemic Covid-19 yang melanda Dunia.

“Mudah-mudahan tahun depan bisa kita lakukan (Umroh Gratis) sebab para imam masjid, pengurus masjid, dan guru mengaji kita inilah yang menjadi pengamal visi daerah yang bernafaskan keagamaan” harapnya.

Sebelumnya, Kabag Kesra Dr Irham Djalil yang membawakan Khutbah Jumat menyampaikan risalah mengenai kisah hijrah Rasulullah shalallahu alaihi wa salam dari Makkah ke Madinah. Doktor yang memiliki basic pendidikan keagamaan yang kuat ini menyampaikan makna persahabatan dimasa Rasulullah yang membuat kuat Nafas Keagamaan di kala itu dengan hadir saling menguatkan, mematuhi, serta meneladani sang pemimpin.

“Beda Teman dengan Sahabat, Teman hadir hanya saat aman sedangkan Sahabat tetap bersama meskipun rawan. Karena itu di masa Rasulullah, kita lebih mengenal istilah Sahabat Rasulullah, yang membersamai dalam masa-masa rawan Beliau sebelum hijrah ke Yastrib Madinah” sebut Kabag Kesra dalam khutbahnya.

Setelah Shalat Jumat berjamaah dihelat, Camat Tanete Rilau yang menambahkan semangat nafas keagamaan di depan warga Matene, Tanete Rilau ini dengan menyampaikan makna silaturahmi sebelum meminta Suardi Saleh memberikan Arahan sekaligus menyerahkan bantuan.

“Silaturahmi, sebagaimana yang ada dalam Al Qur’an memiliki manfaat minimal lima yaitu untuk panjang umur, perbanyak rejeki, terhindar dari marabahaya, mempererat hubungan, dan pembuka pintu Syurga” ujar Akmaluddin, yang saat ini menjadi pelaksana tugas Camat Tanete Rilau pasca Camat sebelumnya (Bapak Muh. Hudri), memasuki masa purnabakti.

Safari kali ini, Bupati Barru Suardi Saleh, Ir. H. Suardi Saleh, bersama dengan beberapa pejabat pemerintah daerah antara lain Kadis Perpustakaan, Kadis Pertanian, Kadis Perikanan, Kabag Kesra, untuk berbaur dengan Camat Tanete Rilau Akmaluddin, Ketua Pengurus Masjid Mujtahidin, Lurah Tanete, Babinsa Babinkantibmas Kelurahan, beserta para tokoh termasuk Ketua Wahdah Islamiah Barru dan warga masyarakat Matene lainnya.

Suasana yang Jumat yang benar-benar diliputi keberkahan dan berhasil membuat jamaah Masjid Mujtahidin semakin bersemangat menyongsong masa depan Barru yang bernafaskan keagamaan menuju negeri yang Baldatun Toyyibatun Wa Rabbun Ghofur.

Komentar