oleh

Kasasi Jaksa Ditolak, Pengacara Minta Putusan Kasus Zugito Segera di Eksekusi

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Sugi Hartono-Headline, Hukum-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Mahkamah Agung menolak kasasi yang dilakukan oleh Kejaksaan dalam kasus penyewaan gedung PWI. Untuk itu pengacara Zulkifly Gani Otto (Zugito) meminta kepada Jaksa untuk segera mengeksekusi kasus ini.

“Sudah diterima salinan putusan MA oleh Jaksa, jadi kami minta untuk segera di eksekusi,” Kata Faisal Silenang.

Kata Faisal, kemarin tidak melaksanakan putusan karena jaksa berlasan belum menerima putusan dari MA, ” jadi tidak ada alasan lagi,” kuncinya.

Diketahui Majelis Hakim Pengadilan Negeri Makassar memvonis bebas mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel, Zulkifli Gani Ottoh (Zugito), Kamis (1/7/2019).

Pada saat itu Ketua majelis hakim, Widirso mengatakan, terdakwa dugaan kasus komersialisasi gedung PWI Sulsel itu tak bersalah. Dalam amar putusannya, tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), dinilai tidak terbukti.

Majelis hakim berpendapat, merujuk dari kasus sebelumnya tindak pidana yang dilakukan terdakwa tidak bisa dibuktikan. Hal itu berdasarkan bukti dan fakta-fakta yang ada. Dimana aset Pemprov Sulsel berupa gedung yang dipersewakan terdakwa yakni terletak di Jl AP Pettarani No 31 Makassar, itu disepakati oleh pemilik lahan yakni Pemprov Sulsel.

“Menimbang unsur pokok ketentuan pasal 31 ayat 3 UU No 31 tahun 1999 yang telah diubah UU No 20 2001 adalah menyalahgunakan wewenang atau kedudukan, maka majelis hakim mempertimbangkan tuntutan dan dakwan tersebut, ” kata Widirso saat itu

Setelah mempertimbangkan dakwaan unsur melawan hukum yang didakwaan terhadap terdakwa, maka majelis hakim berkesimpulan unsur tersebut tidak terbukti.

“Pasal subsider dan primer yang didakwakan terhadap terdakwa, majelis hakim berpendapat tidak terbukti sah dan meyakinkan. Sehingga terdakwa harus dibebaskan,” tegas Widiarso.

Komentar