oleh

Kemenag Sulsel Gelar Bimtek LPJ BOP

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Dian-Edukasi-

MAKASSAR, BACAPESAN. COM – Kementerian Agama Sulawesi Selatan (Kemenang) bimbingan teknis (Bimtek) Pertanggungjawaban BOP Pendidikan keagamaan Islam Angkatan I bertempat di Hotel Remcy, Jalan Boluevard, Senin (7/9/2020).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Sulsel, Anwar Abu Bakar mengatakan, agar pengelola biaya operasional yg ada di pesantren mampu membuat LPJ sesuai prosedur.

“Diharapkan Bintek BOP ini dapat menjadi acuan bagi seluruh pengelola pesantren dalam melaksanakan program BOP. Agar BOP dapat terlaksana secara tertib, tepat sasaran, tepat guna, dan akuntabel,” ucapnya.

Anwar Abu Bakar menambahkan, meski pandemi covid-19 masih terjadi di Sulsel, namun kegiatan ini masih bisa terlaksana dengan baik dan aman sesuai protokol kesehatan.

Ia berharap dengan bimtek ini Kemenag mampu mempersembahkan akuntabilitas yang maksimal sehingga dari sisi keuangan bisa terlaporkan dengan baik.

Anwar mengakui, seluruh instansi terkena dampak pandemi, anggaran-anggaran banyak direalokasi untuk penanganan covid-19. Kendati begitu, pelaporan anggaran yang akan dimasukkan di LPj ini merupakan rekapan anggaran yang dilakukan sebelum pandemi.

Sementara itu, Kepala Bidang PD Pontren Kanwil Kemenag Sulsel, Mulyadi mengatakan, Bimtek BOP ini digelar sebagai pedoman dan pengelolaan BOP dalam rangka meningkatkan layanan kepada masyarakat guna terwujudnya pengelolaan anggaran oprasional yang tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan.

“Pengelola BOP harus mampu dan paham tentang rambu-rambu LPj BOP agar terhindar dari pelanggaran hukum,” pungkasnya.

Komentar