oleh

SMPN 6 Waspadai Adanya Pungli di Lingkungan Sekolah

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Sekolah-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Pihak Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Kota Makassar menepis adanya isu pungutan liar (pungli) yang dilakukan guru kepada siswa di sekolah tersebut.

Munir, Kepala Sekolah  SMP 6 saat dikonfirmasi mengungkapkan, pungli sebesar Rp300.000 hingga Rp500.000 yang dituduhkan terhadap guru disekolahnya adalah tidak benar.

Menurut Munir, tidak benar bahwa ada pungutan melainkan para guru menghadirkan bimbingan belajar untuk para siswa yang membutuhkan bimbingan tambahan mengenai pelajaran pelajaran inti.

Bimbingan tersebutpun kata Munir tidak atas nama sekolah dan sesuai kesepakatan antara guru dan orang tua siswa.

“Para guru membawa nama pribadi tidak atas nama sekolah. Itupun atas permintaan orang tua siswa, tidak ada hak kami untuk melarang,” terangnya Rabu (09/09/2020) kemarin

Lebih jauh, Munir melihat hal ini bukan sebagai hal negatif melainkan hal positif karena membantu para orang tua dan guru juga pun tak memberikan tarif mahal.

“Guru kami menjelaskan bahwa bimbingan belajar yang diberikan murni atas permintaan orang tua siswa, daripada orang tua mengirim anak les mereka ke tempat mahal yang bisa menghabiskan belasan juta, orang tua lebih memilih guru yang telah lama membimbing anaknya,” bebernya.

Namun demikian, kata Munir dirinya tetap melakukan pengawasan jangan sampai dengan adanya les tersebut guru membeda bedakan nilai siswanya.

“Jika ada oknum guru melakukan pungutan liar dan mengatasnamakan SMPN 6 Makassar, ataupun tidak secara adil memberikan nilai, maka kami tidak akan segan-segan memberikan sanksi tegas terhadap oknum guru tersebut,” tegasnya

Komentar