oleh

Pemuktahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan, KPU Parepare Teken MoU dengan Lapas Kelas II A Parepare

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) dengan Lapas Kelas II A.

Perjanjian kerjasama itu dikuatkan melalui teken MoU, yang dilaksanakan di Kantor Lapas Kelas IIA Kota Parepare, Senin (14/9/2020).

Ketua KPU Kota Parepare, Hasruddin Husain, menjelaskan, bentuk kerjasama itu telah dilakukan juga dengan beberapa instansi terkait yang berada di lingkup Kota Parepare. 

“Hari ini kita ke Lapas Kelas II A, tentunya MoU ini bertujuan untuk memastikan pemeliharaan data pemilih diantaranya menghimpun data pemilih yang baru dan belum masuk ke dalam Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB),” ujar Hasruddin Husain, Lulusan Magister Fakultas Hukum UNHAS ini.

Sementara, Kepala Lapas Kelas IIA Kota Parepare, Indra Setiabudi Mkoawago, mengungkapkan, menyambut baik bentuk kerjasama itu. Kata dia, MoU yang dilakukan KPU Parepare sejalan dengan menjaga pemenuhan hak warga binaan sesuai dengan ketentuan UU 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan. 

Indra menambahkan, MoU itu selanjutnya dapat menjadi sample dari proses integrasi dengan pihak-pihak luar, untuk membuka kerjasama, bukan hanya sebatas tugas internal saja akan tetapi semangat melayani menjadi penting di semua aspek integrasi dan menjadi wujud  pemikiran baru dengan menempatkan pihak luar sebagai bagian dari proses tugas pemasyarakatan. 

“Kerjasama jangan hanya sebatas Pemutakhiran Daftar Pemilih saja, tapi KPU juga akan kami libatkan dalam program Lembaga “Pemasyarakatan Menyapa” sehingga warga binaan bisa memahami hal-hal dalam wawasan kebangsaan,” ungkapnya.

Pada kegiatan penandatanganan MoU itu juga, hadir anggota Komisi KPU Kota Parepare beserta jajaran Sekretariat.
(***)

Komentar