oleh

Pengurus Cabang AIPI Makassar Dilantik

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Yadi-Edukasi-

MAKASSAR,BACAPESAN.COM – Ketua Umum Pengurus Pusat Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (PP AIPI), Dr Alfitra Salamm, melantik pengurus cabang AIPI Kota Makassar periode 2020-2024, Selasa, 15 September 2020. Acara pelantikan berlangsung di Ruang Senat Lantai 2 Gedung Rektorat, yang dirangkaian dengan penandatanganan MOU antara Unhas dengan beberapa lembaga negara.

Hadir dalam acara pelantikan, Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, (yang juga merupakan anggota Dewan Penasehat AIPI Kota Makassar), Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Prof Dr Muhammad Al Hamid (yang juga merupakan Koordinator Dewan Pengawas AIPI Kota Makassar), Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, dan sejumlah tokoh lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PP AIPI Pusat, Dr Afitra Salamm, berharap kepengurusan AIPI Kota Makassar dapat kembali aktif dan bergeliat. Kehadiran AIPI sebagai wadah berhimpun para ilmuwan politik, ilmuwan pemerintahan, ilmuwan administrasi negara, dan ilmuwan hubungan internasional, diharapkan dapat memberi warna pada dinamika ilmu politik.

“Kepengurusan AIPI Kota Makassar sudah lama vakum. Dulunya, lembaga ini sangat aktif di Kota Makassar. Kita berharap, setelah pelantikan ini akan menjadikan AIPI Kota Makassar menjadi bergeliat dan menjadi model bagi pengurus daerah lainnya,” kata Alfitra.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, mengapresiasi dipilihnya Unhas sebagai tempat untuk menggelar pelantikan, apalagi ditandai dengan momentum penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU). Dirinya berharap, dengan kehadiran para ilmuwan politik akan mendorong praktek politik yang lebih sehat dan bermartabat.

“Kita tidak mungkin menghindarkan diri dari politik. Sadar atau tidak, kehidupan sehari-hari kita dipengaruhi oleh politik, dan kita juga mempengaruhi politik. Untuk itu, para ilmuwan politik perlu mengambil peran dalam dinamika politik, sesuai batas-batas etik dan ketentuan regulasi,” kata Prof Dwia.

Ketua Umum Pengurus Cabang AIPI Kota Makassar periode 2020-2024 yang baru dilantik, Prof. Dr Armin Arsyad, (yang juga merupakan Dekan FISIP Unhas), menyampaikan terima kasih atas kepercayaan untuk memimpin AIPI Kota Makassar. Dirinya berharap dapat membawa AIPI menjadi organisasi yang menebarkan manfaatn dan kebaikan bagi masyarakat.

“Elit politik adalah elit tertinggi dalam masyarakat. Maka, AIPI perlu mengambil peran untuk menjaga agar politik menjadi solusi bagi masalah masyarakat,” kata Armin.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan PP AIHII, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan, penyerahan Surat Keputusan, dan penyematan pin Pengurus AIPI kepada perwakilan Pengurus Cabang AIPI Kota Makassar.

Susunan Pengurus Cabang AIPI Kota Makassar Periode 2020-2024

Dewan Penasehat:
Koordinator: Prof. Dr. Ir. H. Nurdin Abdullah, M.Agr
Sekretaris: Indah Putri Indriani, S.IP, M.Si
(dilengkapi 8 orang anggota)

Dewan Pengawas:
Koordinator: Prof. Dr. Muhammad, M.Si
Sekretaris: Dr. H. Syamsu Rizal M.I., S.Sos, M.Si
(dilengkapi 12 orang anggota)

Ketua Umum: Prof. Dr. Armin Arsyad, M.Si
Sekretaris Umum: Dr. Andi Lukman, S.IP, M.Si
Bendahara: Dr. Ariana, S.IP, M.Si
(masing-masing dilengkapi Wakil).

Komentar