oleh

34 Sekolah Cairkan Dana Bos Kinerja-Afirmasi

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Armansyah-Sekolah-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kinerja dan afirmasi telah cair. Setiap sekolah mendapat alokasi dana masing-masing Rp60 juta. Nantinya, anggaran ini bisa digubakan untuk mendukung pembelajaran dalam jaringan alias Daring.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Makassar, Amelia Malik menyampaikan, pihaknya telah mendapat laporan terkait dana BOS Kinerja dan BOS Afirmasi yang sudah dicairkan ke sekolah masing-masing.

“Saya dengan sudah masuk ke rekening masing-masing sekolah untuk dana BOS Kinerja dan Afirmasi,” singkat Amelia Malik, Rabu (16/9).

Kata Lia—sapaan akrabnya, ada beberapa kriteria sekolah yang berhak mendapatkan dana BOS Kinerja dan BOS Afirmasi. Syarat itu tertuang di juknis yang termaktub dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2020.

Dana BOS Afirmasi misalnya diperuntukkan bagi sekolah yang memiliki banyak siswa kurang mampu. Sedangkan dana BOS Kinerja akan diberikan untuk sekolah yang memiliki prestasi dan inovasi.

“Semua itu diverifikasi melalui data pokok pendidikan (dapodik),” ucapnya.

Kata Amelia, penggunaan dana ini tidak jauh beda dengan BOS Reguler. Hanya saja, BOS Kinerja dan BOS Afirmasi ini bisa digunakan untuk menunjang fasilitas covid seperti penyediaan alat cuci tangan, masker dan handsanitizer.

“Kalau dana BOS Reguler kan macam-macam, bisa untuk honor, operasional, listrik dan lain-lain. Kalau dana Rp60 juta itu untuk pengadaan tablet, masker, disinfektan, pokoknya terkait dengan covid,” papar Amelia.

Diketahui, berdasarkan data yang dihimpun, dari 34 SMPN di Kota Makassar tercatat ada 16 sekolah menerima dana BOS Kinerja dan 18 sekolah mendapat dana

Komentar