oleh

YKKI Sulsel Sosialisasi Kanker Di KPU Enrekang

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Qurniawan-Enrekang-

ENREKANG, BACAPESAN.COM – Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan sosialisasi seputar penyakit kanker di Aula Kantor KPU Kabupaten Enrekang, Rabu (16/9/2020). Sosialisasi ini diikuti oleh Komisioner, Plt Sekretaris dan staf KPU Kabupaten Enrekang.

Dalam paparannya, pemateri dari YKKI Sulsel, Nisra, mengatakan ada banyak jenis kanker yang cukup membahayakan jika tidak ditangani dengan baik.

“Diantaranya kanker paru-paru, kanker serviks, kanker prostat dan kanker payudara,” katanya.

Nisra menjelaskan, ada beberapa faktor pemicu munculnya kanker tersebut, antara lain faktor genetik atau keturunan, faktor kimia dan fisika, faktor makanan, pola hidup yan tidak sehat serta faktor adanya virus.

Dia mencontohkan, bagi kaum lelaki kanker prostat saat ini menjadi pembunuh nomor 3 setelah jantung dan stroke, sedangkan kanker serviks menjadi pembunuh nomor satu bagi perempuan.

Menurutnya, ada beberapa upaya preventif yang bisa dilakukan untuk menghindari kanker dan tumor yakni mengatur pola makan yang sehat dan teratur.

Selain itu, hindari makanan yang berlemak tinggi misalnya daging dan makanan yang mengandung bahan pengawet, mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi serta jangan lupa untuk berolahraga secara tertur.

Nisra merekomendasikan agar stamina tetap terjaga dan terhindar dari kanker maka seringlah konsumsi obat herbal yang ada di sekitar kita.

“Misalnya daun kelor, temu putih, daun sirsak, dan benalu the. Semua ini mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa berfungsi sebagai antikanker,” tutupnya.

Komentar