oleh

Swab Massal, Prioritaskan Keluarga Pasien Positif Covid

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Headline, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Uji Swab massal yang digelar Pemerintah Kota Makassar Sulawesi Selatan memprioritaskan masyarakat yang memiliki kontak langsung dengan penderita Covid 19.

Hal tersebut diungkapkan oleh Camat Tamalanrea Kaharuddin Bakti saat ditemui pada penyelenggaraan Swab Gratis di Lapangan Bumi Tamalanrea Permai Kamis (17/09/2020).

Kaharuddin menyebutkan bahwa kegiatan hari ini terkait dengan program Trisula, dengan target swab di Tamalanrea sebanyak 262 yang merupakan mereka ini yang terindikasi covid 19 dan pernah kontak langsung dengan penderita Covid 19.

“Lurah mengundang RT, RW dan Puskesmas, kemudian Puskesmas mengundang masyarakat yang kontak langsung dengan yang positif covid seperti keluarganya dan tetangganya. Artinya memang kita panggil orang orang yang rentan terpapar. Hari ini kita juga mengundang dari International Organisation Migran (IOM) yang bertanggung jawab mengkordinir migran yang ada di Tamalanrea,” ungkap Kaharuddin.

Sejalan dengan itu, Plt Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Nursaidah, mengungkapkan meski Tamalanrea menjadi wilayah ke-enam dalam episentrum Covid, namun antusiasme masyarakat sangat besar, terbukti hingga pukul sepuluh lagi jumlah pendaftaran telah mencapai 296 orang.

“Sebenarnya pada program ini kami fokus pada 6 wilayah episentrum yaitu Rappocini, Biringkanaya, Panakkukang, Tamalate, Manggala, nah di Tamalanrea ini wilayah yang ke 6 dimana episentrum terendah dari 6 wilayah,” kata dr Ida sapaan Nursaidah.

Ia menambahkan bahwa jika nantinya ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka pihaknya menyarankan untuk melakukan isolasi mandiri atau isolasi duta Covid-19 di hotel yang telah ditunjuk oleh pemerintah provinsi Sulawesi Selatan.

“Bagi warga yang terkonfirmasi positif, maka kami menyarankan untuk melakukan isolasi mandiri atau isolasi duta Covid-19 di hotel yang telah ditunjuk oleh pemerintah provinsi Sulawesi Selatan,” tambahnya.

Komentar