oleh

Terkonfirmasi Positif, 166 WNA di Makassar Tes Swab

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Headline, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Dinas Kesehatan Kota Makassar mengikut sertakan Warga Negara Asing (WNA) dalam program Treatment, Treaching, Education (Trisula) berupa swab gratis yang digelar di Tamalanrea.

Pengikut sertaan WNA tersebut didasari adanya laporan ke Puskesmas mengenai WNA yang positif covid 19.

“Pertama kali mereka memeriksakan diri ke Lab swasta, begitu ada postif mereka kemudian melaporkan ke Puskesmas setempat. Kebetulan imigran ini ada di Tamalanrea Indah, otomatis yang diskrening ini adalah para imigran yang berada di lingkungan ini” Beber Plt Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Nursaidah.

Hingga saat ini kata dr Nursaidah, sebanyak 30 orang WNA di kecamatan Tamalanrea terkonfirmasi positif setelah melakukan swab di puskesmas.

“Laporan masuk ke kami ada 30 WNA yang telah melakukan swab di puskesmas dan terkonfirmasi positif, tetapi beberapa dari mereka telah sembuh. Sebagai tindak lanjut, kami melakukan treaching terhadap WNA lain yang melakukan kontak langsung dengan mereka yang positif,”ungkapnya.

Lebih jauh, dr Ida mengapresiasi kerjasama International Organization for Migration (IOM) terhadap keaktifan IOM dalam hal pengawasan imigran serta terlaksananya swab 166 imigran hari ini Kamis (17/09/2020).

“Berdasarkan laporan bahwa ada WNA yang terkonfirmasi positif di kecamatan Tamalanrea, maka kami minta IOM untuk mengajak 116 WNA yang tinggal di kecamatan Tamalanrea untuk tes swab massal gratis,” tambahnya.

Komentar