oleh

Wabup Takalar Dampingi Wakil Asren Kodam XIV/Hasanuddin Tinjau Lokasi Pembangunan Pangkalan Yon Arhanud

Editor : Lukman Maddu, Penulis : Supahrin-Takalar-

TAKALAR, BACAPESAN.COM – Wakil Bupati (Wabup) Takalar, Achmad Dg. Se’re mendampingi Wakil Asisten Perencanaan (Wa Asren) Kodam XIV Hasanuddin Letkol. Inf. Diki Sadiki, meninjau lokasi lahan pembangunan Pangkalan Yon Arhanud 4/AAY Kodam XIV/Hasanuddin di Lingkungan Barugaya, Kelurahan Rajaya, Kecamatan Polongbangkeng Selatan (Polsel), Kabupaten Takalar, Selasa (22/9/2020).

Turut hadir dalam peninjauan lokasi tersebut, yakni Ahmad Diponegoro (SEVP PTPN Makassar), E. Syarif (Tim Teknis Unhas Kadep Arsitektur), Letkol Czi Catur Witanto, S.I.P, M.Si.,M.Tr, Han (Dandim 1426/Takalar), Syafril, SH, M. Hum (Kajari Takalar), Baharuddin Dg. Limpo, S.Sos., M.Si (Kepala Kecamatan Polsel), Kapten Arm Hasbullah Hamzah (Pasi Inteldim 1426/Takalar), dan Kapten Inf Muh. Nur (Danramil 1426/Takalar) bersama anggota.

Sebelum melakukan peninjauan lokasi, Pemkab Takalar bersama stakeholder terkait menggelar rapat pemantapan persiapan lahan pembangunan Pangkalan Yon Arhanud/4/AAY/Kodam XIV Hasannudin Makassar, di Baruga I Mannindori, Kantor Bupati Takalar.

“Pembangunannya direncanakan di Kelurahan Rajayya, Kecamatan Polsel, Takalar. Hal ini berdasarkan keputusan bersama dan berada di wilayah yang strategis,” ungkap Achamd Dg. Se’re, saat membuka rapat pemantapan tersebut.

Wabup Takalar yang akrab disapa H. De’de ini menambahkan, bahwa Pemda Takalar sangat mendukung rencana pembangunan pangkalan Pangkalan Yon Arhanud/4/AAY/Kodam XIV Hasannudin tersebut. Karena secara geografis, pembangunan ini sangat dibutuhkan demi keutuhan NKRI.

Ia berharap, ada timbal balik yang akan dirasakan oleh masyarakat Takalar dalam pembangunan pangkalan tersebut. Manfaat yang dapat dirasakan dari pembangunan lahan Arhanud yaitu wilayah disekitar pasti aman, kemudian daerah tersebut akan lebih maju. Karena akan di bangun infrastruktur lain yang mendukung dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Sementara itu, Wakil Asisten Perencanaan (Asren) Kodam XIV/Hasanuddin, Letkol. Inf. Diki Sadiki mengatakan, penyediaan lahan tersebut bukan keinginan teknis saja, tetapi semua dari komponen menginginkan hal tersebut terwujud sehingga rasa aman terhadap keadaan masyarakat bisa tercover.

“Saya mohon bantuan, saran dan masukan sehingga kegiatan dan penyiapan lahan ini dapat terlaksana sehingga pada anggaran 2021 dapat kita laksanakan karena sangat membantu keadaan masyatakat sekitarnya,” harapnya.

Dikesempatan yang sama, Komandan Kodim 1426 Takalar, Letkol. CZI Catur Witanto, S.Ip. M.Si. M.Tr. Han menambahkan, ada tiga alternatif wilayah yang dipersiapkan dalam pembangunan pangkalan Yon ini. Yakni, di Desa Cikoang (Kec. Marbo), Desa Barugayya (Kec. Polut) dan Kelurahan Rajayya (Kec. Polsel).

“Setelah dilakukan diskusi, lahan pembangunan Pangkalan Yon Arhanud/4/AAY/Kodam XIV Hasannudin Makassar direncanakan akan dilaksanakan di Kelurahan Rajayya, Polsel. Wilayah Kelurahan Rajayya dipilih karena luas tanah kurang lebih 77,09 hektare dengan status lahan bersertifikat PTPN dan masyarakat pada dasarnya sangat mendukung pembangunan pangkalan ini,” katanya.

“Lokasi ini sangat memungkinkan karena disana banyak sekolah, banyak masyarakat dan yang paling pokok karena dekat dengan laut dan tempatnya juga lumayan datar cocok untuk penempatan Batalyon Arhanud,” tambahnya. (*)

Komentar