oleh

Cegah Pelanggaran Pilkada, Bawaslu: KPU Soppeng Jangan Pakai Kantor Pemerintah

Editor : admin 1, Penulis : Ilham-Pemerintahan, Pemilu, Politik, Soppeng-

SOPPENG, BACAPESAN.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) diketahui berencana untuk menggunakan Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Soppeng sebagai lokasi pengundian nomor urut pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Soppeng yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 September 2020 mendatang.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Soppeng Muhammad Hasbi saat menghadiri rapat koordinasi di ruang rapat Bawaslu Soppeng, Selasa (22/09/2020).

Muhammad Hasbi mengungkapkan bahwa pemilihan lokasi tersebut sudah dilakukan sesuai dengan Undang-undang no. 7 pasal 434 tahun 2017 tentang pelaksanaan Pemilu.

“Dalam aturan tersebut dijelaskan jika Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib memfasilitasi pelaksanaan Pemilu dari segi tempat dan sumberdaya lainnya,” ujarnya.

Namun pihak KPU Soppeng saat ini masih melakukan survey tempat untuk melaksanakan survey dan melihat kapasitas ruangan serta keamanan tempat.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Soppeng Winardi memberikan surat himbauan kepada KPU Soppeng yang meminta agar lokasi tersebut segera dipindahkan untuk mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu berhubung lokasi yang diambil merupakan kantor pemerintah.

“Tidak ada yang menjamin jika PNS tidak akan berbaur dengan pasangan calon misalnya dengan berswafoto. Apalagi pada saat itu, pasangan calon belum cuti dan masih menjabat sebagai Bupati Soppeng,” tegas Winardi.

Penggunaan Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Soppeng sebagai lokasi pengundian nomor urut dinilai sangat rawan dalam terjadinya pelanggaran.

“Jika menggunakan gedung Dinas Pendidikan, sangat memungkinkan terjadinya pelanggaran, terlebih jadwalnya merupakan jam kantor,” tambahnya.

Bawaslu meminta KPU untuk segera memperhatikan himbauan tersebut, untuk mencegah adanya pelanggaran Pemilu, dimana ASN berbaur dengan pasangan calon di lokasi pengundian nomor urut.

Komentar