oleh

Barugasikola, Aplikasi Belajar  yang Menyenangkan Tanpa Stres

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Edukasi-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Mengubah kebiasaan ke standar new normal bukanlah hal mudah. Hal ini juga dirasakan  para siswa yang terpaksa bersekolah secara daring akibat covid 19.

Stres dan tertekan sering kali dirasakan siswa ketika  harus mengerjakan tugas sekolah yang belum tentu dipahami. Penyebnya siswa merasa tak begitu mengerti dengan penjelasan guru, ditambah tatap muka dengan cara daring memperparah hal tersebut.

Lebih parahnya orang tua yang diharapkan memberi pengarahan di rumah kadang sama atau bahkan lebih tak mengerti dibanding  siswa.

HA, Salah satu Siswa Siswa Sekolah Menengah Atas di Bulukumba Misalnya,  merasakan beberapa hambatan saat melaksanakan sekolah berbasisi daring.

Selain signal yang tak begitu mendukung, dirinya kadang tak paham betul tugas yang di berikan guru sehingga ia harus bertanya kepada orang tua, saudara bahkan harus browsing di Internet.

“Kadang saya dan teman teman tak mengerti  tugas sehingga harus berdiskusi dengan teman teman dan bertanya jika sya tak mengerti” Katanya.

Menyikapi hal tersebut, Balai Pustaka yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan aplikasi media sosial  bernama Barugaaikola.

Tidak hanya gratis, Barugasikola ini dapat diakses melalui website www.barugasikola.com atau diunduh melalui telepon seluler Android dan dengan versi Apple IOS.

Aplikasi ini menurut Direktur Umum Balai Pustaka, Achmad Fachrodji dihadirkan untuk mempermudah proses belajar mengajar antara guru dan siswa dimana saja melalui daring.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan orang tua untuk memonitor aktivitas belajar antara siswa dengan guru melalui aplikasi.

“Kami berharap aplikasi ini seperti pegadaian mengatasi masalah tanpa masalah. Kami juga menghadirkan aplikasi ini lebih fun agar pelajar tidak semakin stres belajar secara daring sekaligus kita menekan angka covid 19,” katanya

Komentar