oleh

BPK Bakal Periksa 3 Daerah Terkait Penggunaan Anggaran Covid

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Keuangan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM-  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sulawesi selatan akan melaksanakan pemeriksaan terhadap kinerja pelayanan Kesehatan di Provinsi Sulsel, Kabupaten Maros dan Kabupaten Gowa.

Pemeriksaan tersebut  dilakukan untuk memantau penggunaan anggaran covid-19 yang dikelola tiga daerah tersebut.

Nantinya, kata Kepala perwakilan BPK Sulawesi Selatan, Wahyu Priyono, pihaknya akan menerjunkan 4 tim khusus untuk melakukan pemeriksaan secara detail terkait penanganan anggaran tersebut.

“Semenjak Covid-19 ada di wilayah Sulawesi Selatan, kami membentuk 4 tim untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan terkait pengelolahan anggaran Covid-19 di 24 kabupaten/ kota di Sulawesi Selatan, baik itu anggaran dananya berasal dari pusat, bantuan swasta, atau recofusing anggaran dari pemerintah setempat,” ujarnya  dalam Workshop dan Forum Komunikasi BPK, Media dan LSM via zoom, Jumat (25/09/2020).

Ia menambahkan bahwa pemeriksaan dan pengawasan tersebut dilakukan untuk menyelamatkan uang negara dalam tindakan penyalahgunaan anggaran selama Covid-19 dalam keperluan membeli berbagai produk kesehatan dalam rangka penanggulangan Covid-19 di masyarakat.

“Ini upaya kami untuk menyelamatkan uang negara dengan melakukan pemeriksaan ketat terhadap seluruh anggaran penanggulangan Covid-19 di wilayah Sulawesi Selatan,” tambahnya.

Kata Wahyu, pemeriksaan tersebut meliputi 2 jenis pemeriksaan yakni kepatuhan dan pengelolaan.

“Pemeriksaan Kepatuhan meliputi semua dana yang di kelolah provinsi Sulsel baik rekonstriksi baik dari pemerintah pusat maupun sumbangan masyarakat. satu timnya lagi akan menangani pengelolaanya. Ini berlaku untuk kinierja kesehatan Provinsi, Gowa, Maros akan kami periksa bagaimana mekanisme,” ungkapnya.

Komentar