oleh

BPK Sulsel Ungkap Alasan Tiga Kabupaten Dilabeli WDP

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Headline, Keuangan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Badan Pemeriksa Keuangan menetapkan tiga kabupaten dengan status langganan Wajar dengan Pengecualian (WDP).

Tiga kabupaten tersebut yakni Jeneponto, Tanah Toraja dan Takalar.

Adanya status WDP yang disandang tiga Kabupaten ini menurut  Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Sulawesi Selatan, Wahyu Priyono dipengaruhi banyak faktor.

“Jadi maksud dari WDP ini adalah Kabupaten yang telah menyelesaikan laporannya, namun pengecualiannya ada aset yang tak diketahui keberadaannya,” ungkap Wahyu, saat menggelar Workshop dan Forum Komunikasi bersama media dan LSM, Jumat (25/09/2020)

Lebih jauh Wahyu mengurai apa saja  yang membuat satu Kabupaten dilabeli WDP.

“Misalnya telah ada yang dituliskan di laporannya namun ada aset yang tidak ditemukan sedang masih dalam bentuk baku dan anggarannya milyaran. Selanjutnya adanya kas tekor yang artinya di neraca melaporkan ada kas sekian miliar, tugas BPK adalah meyakini jumlah uang tersebut,  mencocokkan dengan rekening koran dan brangkas serta diperiksa apakah ada selisih,” beber Wahyu.

Disamping itu Kata Wahyu, ada juga WDP yang disebabkan oleh adanya pelaksanaan pekerjaan di kegiatan yang menyebabkan kerugian negara.

Komentar