oleh

Luncurkan E-Wako, Masyarakat Kini Bisa Curhat Online ke BPK Sulsel

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM– Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sulawesi Selatan melaunching Aplikasi Elektronik Wadah Komplain (E-Wako), Jumat (25/08/2020).

Launching ini digelar secara virtual disela sela Workshop dan Forum Komunikasi BPK, Media dan LSM yang dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Sulawesi Selatan, Wahyu Priyono.

Wahyu menjelaskan, kehadiran E-Wako sebagai wujud peningkatan mutu pelayanan dan pengoptimalisasian penanganan pengaduan. BPK Perwakilan Sulawesi Selatan menyediakan akses bagi masyarakat untuk menyampaikan pengaduan masyarakat.

“Aplikasi ini merupakan sarana komunikasi bagi masyarakat untuk menyampaikan pengaduan kepada BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan. Melalui aplikasi ini masyarakat dapat memantau sejauh mana pengaduan yang disampaikannya telah ditindaklanjuti oleh BPK,” kata Wahyu.

Lebih jauh, Wahyu menjelaskan bahwa perbedaan fungsi E-Wako dengan pengaduan lain seumpama di Kepolisian dan Kejaksaan memprioritaskan pada aduan yang berhubungan dengan rana pemeriksaan BPK.

“Tentunya jika kami menerima laporan makan kemudian kami akan melakukan pemeriksaan dan penguasaan terhadap laporan tersebut. Memang sering juga laporan hanya karena su’udzon, bukti dokumen yang valid, tentu saja tindak lanjutnya akan di dukung dengan info dan kami melakukan koordinasi dengan polisi dan kejaksaan,” pungkas Wahyu.

Untuk melakukan pengaduan, masyarakat bisa mengakses website ewakobpksulsel.id dan melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah melakukan registrasi kemudian melengkapi isian data diri dengan benar.

Beres dengan data diri, pelapor kemudian diwajibkan melampirkan bukti awal pendukung pengaduan yang relevan dan memadai. Contoh, fotokopi dokumen, foto, atau barang lain yang dapat memperkuat uraian pengaduan yang disampaikan. Setelah itu pelapor tinggal menunggu aduannya di proses oleh tim BPK Sulsel.

Komentar