oleh

AKLI Tak Tampik Korsleting Listrik Jadi Penyebab Maraknya Kebakaran

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Korsleting listrik seringkali menjadi primadona yang dituding sebagai pemantik si jago merah berkobar.

Kebakaran di Pasar Senggol dan Pasar Panampu adalah dua dari sekian banyak kebakaran hebat yang ditenggarai diakibatkan oleh korsleting listrik.

Dalam kurun waktu Januari hingga Agustus 2020, tercatat jumlah kebakaran di kota Makassar mencapai 88 kasus, 55 diantaranya disebabkan oleh korsleting listrik

Melihat fenomena ini, PLT Ketua DPC AKLI Kota Makassar, Maulana Genda tak menampik hal tersebut. Menurutnya memang benar korsleting listrik bisa jadi pemicu kebakaran.

“Begini, kalau saya melihatnya memang bisa iya bisa tidak. Adan namanya Miniature Circuit Breaker (MCD) dalam instalasi listrik yang biasanya turun tripnya, atau MCD yang bermasalah,” jelasnya Sabtu (26/09/2020).

Lebih jauh Maulana menyarankan masyarakat melakukan peremajaan instalasi listrik.

” Kami melihat kelakuan masyarakat dilapangan itu mereka enggan melakukan pemeliharaan listrik disebabkan harganya terlalu mahal dan takut untuk digantikan meteran listriknya padahal hanya perlu diganti MCBnya dan kabel listrik,” ujarnya

Komentar