oleh

Begini Cara Peroleh UPK 75 Ribu dengan Mudah dan Gratis

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Perbankan-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Bank Indonesia menghadirkan cara muda bagi masyarakat untuk memperoleh Uang Perayaan Kemerdekaan (UPK) dengan nominal Rp. 75.000.

Jika sebelumnya UPK bisa diperoleh secara individu dan harus menunggu beberapa hari untuk kepemilikan, saat ini Bank Indonesia membuka penukaran dengan cara lebih mudah yakni secara kolektif.

Deputi direktur kepala divisi sistem pembayaran pengelolahan uang rupiah BI sulsel, Muh Ali Afftan Azzuhdi menjelaskan, Penukaran secara kolektif ini dihadirkan agar UPK bisa tersalurkan lebih merata di setiap daerah.

“Distribusi UPK diharapkan merata di seluruh Indonesia, sistem kami di Bank Indonesia menggunakan yang sebelumnya menggunakan sistem Penukaran secara individu dan dibatasi pelayanannya hanya 300 penukar perhari kini diubah menjadi sistem kolektif,” jelas Ali.

Untuk lebih mempermudah, BI juga telah membuka kerjasama di seluruh bank sehingga masyarakat bisa memperoleh dengan mudah. Cara mendapatkan uang pecahan Rp75 ribu cukup dengan KTP dan menukarkan uang pecahan biasa dengan nominal yang sama.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diunggah melalui laman resmi Bank Indonesia, cara dan syarat untuk memperoleh UPK antara lain, masyarakat dapat menukarkan uang rupiah senilai Rp75 ribu secara tunai dengan 1 (satu) lembar UPK 75 Tahun RI yang memiliki nilai nominal senilai Rp75 ribu. Sebelum melakukan penukaran, masyarakat harus melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online pada aplikasi PINTAR di website Bank Indonesia melalui tautanhttps://pintar.bi.go.id.

Setiap 1 (satu) KTP hanya dapat ditukarkan untuk memperoleh 1 (satu) lembar Uang Peringatan Kemerdekaan Ke-75 RI dengan nominal Rp 75 ribu.

Periode pemesanan penukaran, jadwal dan lokasi penukaran terdiri dari 2 (dua) tahap, yaitu Periode pemesanan penukaran tahap 1 (17 Agustus 2020 Pukul 15.00 WIB – 30 September 2020), dengan tempat penukaran di Kantor Pusat (KP) Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam Negeri (KPwDN) di seluruh provinsi dan beberapa kota/kabupaten. Periode pemesanan penukaran tahap 2 (1 Oktober 2020 – selesai), dengan tempat penukaran di Bank Indonesia (KP dan KPwDN) dan Bank Umum yang ditunjuk.

Syarat melakukan pemesanan dan penukaran uang pecahan Rp75 ribu

1. Warga Negara Indonesia

2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Telah melakukan pemesanan melalui aplikasi PINTAR

4. Membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli

5. Membawa bukti pemesanan dalam bentuk hardcopy atau digital

6. Melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang telah dipilih sesuai yang tertera pada bukti pemesanan

7. Data Nama dan NIK yang tercantum pada bukti pemesanan sesuai dengan KTP asli yang dibawa pada saat penukaran.

Komentar