oleh

PJS Bupati Mamuju Berkunjung ke KPU Mamuju

Editor : magang, Penulis : Sudirman-Kesehatan, Pemerintahan, Pilkada, Politik-

MAMUJU, BACAPESAN.COM — Abdul Wahab Hasan Sulur berkunjung ke sekretariat KPU Mamuju untuk mengawali agendanya sebagai Pejabat Sementara (PJS) Bupati Mamuju.

Beberapa poin penting sekaitan dengan pelaksanaan Pilkada tahun 2020 menjadi poin utama yang dibicarakan Abdul Wahab dalam lawatannya ke KPU Mamuju, Rabu (30/09/2020).

Salah satu poin penting yang disampaikan Abdul Wahab adalah penerapan protokol kesehatan yang harus maksimal pada setiap tahapan Pilkada tahun 2020.

“Saya meneruskan instruksi Menteri Dalam Negeri terkait penerapan protokol kesehatan di Pilkada tahun ini agar dimaksimalkan.” terang Abdul Wahab.

Sementara itu pula, Ketua KPU Mamuju Hamdan Dangkang dalam penjelasannya mengatakan KPU RI juga telah menerbitkan aturan terkait hal di atas. Sejumlah poin penting terkait penerapan protokol kesehatan telah termaktub dalam PKPU Nomor 13 Tahun 2020.

Hamdan Dangkang menyebutkan dalam regulasi tersebut, KPU dengan tegas menggariskan tiap tahapan Pilkada tahun 2020 untuk senantiasa mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. hal tersebut dapat dilihat dari agenda pengundian nomor urut baru-baru ini.

“Kami terpaksa mengubah beberapa item kegiatan termasuk mengurangi jumlah undangan yang sebelumnya telah kami sepakati. Itu semua merujuk ke PKPU 13 Tahun 2020,” ujar Hamdan.

Hamdan menambahkan supaya penerapan protokol kesehatan yang ketat juga harus ditegaskan KPU dalam agenda kampanye. PKPU Nomor 11 Tahun 2020 telah sangat rinci menjelaskan hal tersebut.

“Jadi ada banyak penyesuaian pelaksanaan kampanye di Pilkada tahun ini. PKPU 11 dan PKPU 13 Tahun 2020 juga telah kami sosialisasikan kepada para peserta Pilkada. Kami berharap, poin-poin penting dalam pelaksanaan tahapan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 tahun ini bisa dipahami bersama sekaligus dapat diterapkan,” tutup Hamdan.

Komentar