oleh

Kukuhkan TPAKD, Taufan Pawe: Wujud Keinginan Pemerintah Sejahterakan Masyarakat

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melaksanakan Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Bidang Perekonomian terkait Pemulihan Ekonomi Nasional, yang digelar di Auditorium BJ. Habibie Rujab Walikota, Selasa (6/10/2020).

Sekitar 41 orang dikukuhkan yang tergabung dalam TPAKD Kota Parepare, dimana menjadi forum koordinasi antar instansi dan pemangku kepentingan, yang beranggotakan dari unsur aparatur Pemerintah Daerah, Otoritas Jasa Keuangan, Kamar Dagang dan Industri, Perbankan dan Akademisi, yang memiliki tujuan meningkatkan percepatan akses keuangan di Kota Parepare.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, pengukuhan TPAKD diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

“TPAKD merupakan perwujudan dari keinginan pemerintah dalam merespon kebutuhan rakyat, terutama untuk membuka akses keuangan. Saya harap keberadaan TPAKD di Kota Parepare dapat melakukan berbagai terobosan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, dan membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat termasuk menggali potensi ekonomi daerah,” harapnya.

“TPAKD juga mesti memberikan manfaat kepada masyarakat melalui program inklusif keuangan mengingat masih banyak masyarakat atau pelaku usaha belum mendapatkan akses ke sektor jasa keuangan,” tambahnya.

Ia berharap, TPAKD Kota Parepare yang baru saja dikukuhkan dapat mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat atau pelaku usaha dalam rangka mendukung perekonomian daerah khususnya di Kota Parepare. Termasuk, mencari terobosan dalam rangka membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat di daerah, serta mendorong Lembaga Jasa Keuangan untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan ekonomi daerah di Kota Parepare.

“Kita dapat menggali potensi ekonomi daerah dan dikembangkan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan serta mendorong optimalisasi potensi sumber dana di Kota Parepare dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif antara lain untuk mengembangkan UMKM, usaha rintisan dan membiayai pembangunan sektor prioritas.

Saya yakin TPAKD hadir untuk mendorong sektor jasa keuangan untuk lebih mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan perkembangan sektor riil di Kota Parepare,” jelas Wali Kota bergelar doktor hukum itu.
(***)

Komentar