oleh

Perdana, Kapal Italia Berlabuh di TUKS Interport

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Nusantara-

BALIKPAPAN, BACAPESAN.COM- PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berhasil melakukan pelayanan sandar perdana kapal berbendera Italia My High Loyalty bermuatan 39.000 metrik ton (MT) bahan bakar minyak jenis High Speed Diesel (HSD) di Balikpapan.

General Manager (GM) Pelindo IV Cabang Balikpapan, Iwan Sjarifuddin mengatakan, saat ini pelayanan kapal yang dilakukan pihaknya memang menjadi andalan Terminal Curah Interport.

“Terminal Curah Interport adalah Terminal untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) di Kawasan Industri Kariangau (KIK),” kata Iwan.

Pelayanan pandu dan penundaan serta tambat untuk kapal berbendera Malta ini menjadi debut perdana di Terminal Curah Interport.

“Mengingat ini kegiatan perdana di Terminal Curah Interport, maka kami masih fokus untuk pelayanan kapal seperti pandu, kapal tunda dan tambat di dermaga,” tukas Iwan.

Kedepan lanjut dia, selain pelayanan kapal, pihaknya juga akan memperluas jasa kepelabuhanan Pelindo IV Cabang Balikpapan di Terminal Curah Interport. “Seperti pelayanan barang berupa bongkar muat dan aneka usaha lainnya yang dianggap paling potensial. Sambil menunggu dermaga general cargonya rampung,” sebutnya.

Iwan menambahkan, dalam bulan ini rencana akan menyusul 3 call lagi. “Jadi total insya Allah di bulan ini 4 call dan semuanya berbendera asing.”

Deputy Manager of Legal, Public Relation, General Services and Protocol PT Pelindo IV Cabang Balikpapan, Andi Muhammad Rizal menyebutkan, kapal bermuatan 39.000 MT berisi bahan bakar minyak (BBM) jenis HSD tersebut tiba di Balikpapan pada Minggu (4 Oktober 2020).

“Kapal berlayar dari Singapura dan dinahkodai Capt. Tagudvid Saludtore berkebangsaan Italia,” ucapnya.

Kapal berbendera asing itu memiliki bobot Gross Tonnage (GT) atau ukuran volume dari seluruh bagian kapal yakni 30.000 ton, dengan panjang kapal (LOA) 185 meter.

Sementara itu dalam pelayanan perdananya, Manager Pelayanan Kapal, Capt Andi Mustafa Halim M,Mar dan Pandu Madya I La Edi berkesempatan memberikan pelayanan pemanduan dan penundaan serta tambat saat kapal tiba di perairan Balikpapan. Tak lupa di sela pelayanan, Capt Andi Mustafa Halim M.Mar menghadiahkan cendramata kepada nahkoda kapal sebagai ucapan selamat datang.

Komentar