oleh

Resmi Dibentuk, Hak Angket Bupati Takalar Memanas

Editor : Syarifah Fitriani-Headline, Takalar-

TAKALAR, BACAPESAN.COM- Panitia Khusus (Pansus) Hak angket terhadap Bupati Takalar, Syamsari Kitta, akhirnya resmi dibentuk. Pembentukan tersebut dilakukan oleh anggota DPRD Kabupaten Takalar, belum lama ini.

Ketua Komisi l DPRD Takalar, H. Nurdin HS mengatakan, Pansus Hak Angket tersebut terdiri dari tujuh anggota dengan satu sekretaris dan satu ketua. Nantinya, Pansus Hak Angket akan bekerja selama 60 hari untuk mengumpulkan bukti-bukti dan melakukan penyelidikan terhadap kebijakan Bupati Takalar yang dinilai melanggar aturan.

Pansus Hak Angket, lanjut dia, akan menggelar rapat internal pada Selasa (6/10/2020) hari ini, untuk menyusun agenda atau jadwal pemanggilan pihak-pihak terkait guna dimintai keterangan

“Jelas pada Pasal 74, Pansus Hak Angket melakukan penyelidikan dan dapat memanggil pejabat pemerintah daerah, badan hukum, atau warga masyarakat yang dianggap mengetahui atau patut mengetahui masalah yang diselidiki untuk memberikan keterangan serta untuk menunjukkan surat atau dokumen yang berkaitan dengan hal yang sedang diselidiki,” kata legislator Fraksi PPP ini.

Sementara itu, Ketua Pansus Hak Angket, Andi Noor Zaelan menjelaskan, Pansus Hak Angket nantinya akan memanggil para pihak terkait untuk meminta keterangan mengenai permasalahan yang saat ini muncul.

“Misalnya terkait Dana Desa, para Pelaksana tugas (Plt) Kepala Desa yang kita panggil untuk dimintai keterangannya. Termasuk masyarakat yang ikut hadir dalam pembahasan APBDesa kita akan panggil. Nanti hasilnya itu kita akan kembangkan,” jelasnya.

Terkait pemanggilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kata legislator Fraksi Takalar Hebat itu, kemungkinan besar juga akan dipanggil untuk dimintai keterangan terkait permasalahan yang mencuat saat ini.

“Kalau dua kali dipanggil tidak hadir, maka pemanggilan ketiganya bisa penjemputan paksa melalui pendampingan pihak Kepolisian,” tandasnya.

Komentar