oleh

BPNB Gandeng Arka Kirani Realisasikan Jalur Rempah

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Headline, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar penyambutan terhadap kru kapal Arka Kirani yang terdiri dari beberapa orang asing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Penyambutan tersebut sebagai bagian dari kerja samanya terkait program jangka panjang Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan bertajuk ‘Jalur Rempah’

Selain untuk merealisasikan program Jalur Rempah ini, kedatangan kapal Arka Kirani ini juga berkenaan dengan misi pelayarannya yang dilakukannya ke beberapa titik di Indonesia seperti Sorong, Banda Neira, Selayar, Makassar, dan Bali.

Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Syamsu Rijal menjelaskan kehadiran program ini untuk mengangkat kembali budaya maritim Indonesia melalui rempah. Disini, rempah tidak sekedar sebagai komoditi unggulan tetapi juga menggali nilai budaya yang ada di dalamnya.

“Rempah merupakan salah satu budaya maritim yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Hadirnya program ini sebagai usaha untuk mengangkat kembali rempah bukan sebatas komuniti tapi juga mengenai nilai nilai yang ada di dalamnya,” ujarnya Selasa (06/10/2020).

Lebih lanjut, Syamsul menjelaskan bahwa kekayaan rempah rempah inilah yang akan dikemas dalam bentuk kesenian maupun pengobatan tradisional yang memiliki kaitan.

“Gelaran ini dimulai hari ini tanggal 6 hingga tanggal 10 dimana pada penutupannya akan menghadirkan Bissu untuk memperkenalkan ritual Maddewata,” tutupnya

Komentar