oleh

BPNB Hidupkan Kembali Benteng Somba Opu Jadi Destinasi Wisata Sejarah

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Wisata-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sulawesi Selatan akan menggiatkan kembali Benteng Somba sebagai situs bersejarah di Sulawesi Selatan.

Upaya tersebut bertujuan menjadikan Benteng Somba Opu sebagai salah satu tempat wisata bersejarah yang bisa dikunjungi orang orang mancanegara.

Upaya tersebut menurut Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Syamsu Rijal akan dimulai dengan relokasi Benteng Somba Opu kemudian menyiapkan  tenaga handal yang mengerti betul tentang sejarah.

Tidak hanya itu, kurangnya tenaga profesional yang mampu menjadi guide para turis mancanegara juga menjadi salah satu faktor belum terlaksananya wisata bersejarah yang sarat akan nilai budaya ini.

“Saat ini kami masih kekurangan tenaga ahli dibidang pariwisata yang memang betul betul memahami situs situs bersejarah yang ada di Sulawesi Selatan seperti Balla Lompoa ini, sedang turis mancanegara sangat besar rasa keinginan tahuanya. Olehnya kami akan berkolaborasi dengan berbagai instansi baik pemerintah maupun instansi pendidikan  untuk merealisasikan hal ini” kata Andi Syamsu

Rencananya, program ini akan di rampungkan pada 2021 mendatang. “Hadirnya program Jalur rempah menjadi awal mula pengembangan wisata di tempat tempat bersejarah. Program ini adalah program berkepanjangan,” pungkasnya

Komentar