oleh

Hak Angket Untuk Bupati Takalar, Fahruddin Rangga: Sah Saja

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Yadi-Headline, Takalar-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Takalar telah resmi membentuk Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket terhadap Bupati Takalar, Syamsari Kitta.

Pihak DPRD Takalar mengatakan, Pansus Hak Angket tersebut terdiri dari tujuh anggota dengan satu sekretaris dan satu ketua. Nantinya, Pansus Hak Angket akan bekerja selama 60 hari untuk mengumpulkan bukti-bukti dan melakukan penyelidikan terhadap kebijakan Bupati Takalar yang dinilai melanggar aturan.

Lantas bagaimana pandangan anggota DPRD Sulsel yang juga asli warga Takalar. Fahruddin Rangga mengatakan dirinya berpandangan hak angket DPRD Takalar ke Bupati sah-sah saja. Selama sesuai presudur hukum.

“DPRD Takalar menggulirkan hak angket ke Bupati sah-sah saja,” tegas Rangga saat dimintai pandangan, Kamis (8/10/2020) malam.

Menurutnya, hak angket yang akan digulirkan Dewan karena kondisi pemwrintahan tidak stabil. Dimana lanjut politisi Golkar itu, bahwa adanya kebijakan Bupati dan Wakil menyalahi regulasi pemerintahan.

“Karena salah satu hak DPRD yang secara konstitusi dapat digunakan ketika pemerintah daerah dalam hal ini Bupati dan atau wakil bupati banyak menyalahi aturan perundang undangan dalam menjalankan roda pemerintahan,” jelasnya.

Wakil ketua Banggar DPRD Sulsel itu menambahkan, jika tidak ada hak angket justru akan menjadi pertanyaan besar masyarakat kenapa DPRD membiarkan bupati dan atau wakil bupati yang secara bukti dan fakta banyak melabrak aturan perundang undangan.

“Maka saran saya Dewan menyiapkan pembuktian dengan fakta-fakta data autentik harus dipersipkan dengan baik karena itu penting untuk menguatkan tuntutan,” demikian saran Rangga.

Komentar