oleh

Ini 3 Hal yang Wajib Dimiliki Umat Muslim ala Ustad Mustakim

Editor : Syarifah Fitriani-Gowa-

GOWA, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menghadirkan Ustadz Mustakim Tojeng sebagai penceramah pada program Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah (PQJI) yang digelar secara Virtual di Peace Room A’Kio Kantor Bupati Gowa, Jumat (9/10).

Dalam ceramahnya, Ustad Mustakim Tojeng yang juga sebagai anggota Tim Dakwah Pemkab Gowa ini menekankan pada tiga hal utama yang harus dimiliki oleh seorang muslim, yaitu iman, amal dan ilmu.

“Inilah tiga hal pokok atau utama yang harus dimiliki kita sebagai umat Islam agar kita bernilai di sisi Allah SWT,” kata Ustad Mustakim.

Ustad Mustakim menjelaskan iman ini penting, karena iman merupakan salah satu pembeda dengan orang kafir. Selain itu dirinya juga menyebutkan iman ini bisa menjadikan untuk tetap istiqamah di jalan Allah SWT.

“Makanya Rasullullah Saw ketika periode Mekkah. Nabi Muhammad berdakwah yang diprioritaskan adalah ajaran iman,” jelasnya.

Sementara yang kedua yang harus dimiliki oleh umat Islam agar bernilai di sisi Allah SWT adalah beramal saleh. Menurutnya amal ini merupakan pelengkap karena orang beriman tanpa amal saleh masuk dalam kategori orang yang merugi.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah  Al-`Aşr yaitu “Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran”

“Amal saleh bisa dilakukan melalui fisik, lisan seperti zzikir dan salawat, dan amal saleh melalui pikiran misalnya terus memberikan pikiran untuk kemajuan  Kabupaten Gowa untuk masa yang akan datang,” jelasnya.

Yang terakhir kata Ustad Mustakim adalah Ilmu. Dirinya menambahkan ilmu ini juga penting, untuk bisa meraih kesuksesan di dunia begitupun dengan kebahagiaan di akhirat harus dengan ilmu.

“Begitupun untuk membangun daerah Kabupaten Gowa ini. Maka harus juga dengan ilmu kalau ini sudah kita miliki Insyaallah Allah akan turunkan keberkahan kepada kita bukan hanya di dunia tetapi insya Allah dunia dan akhirat,” tambahnya.

Komentar