oleh

Parepare dan Pemprov Sulsel Berkolaborasi Gelar Bimtek Industri Kerajinan Kerang

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Untuk bangkit dari dampak pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Parepare melalui Dekranasda, berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar bimbingan teknis (bimtek) industri kerajinan Kerang-kerangan.

Bimtek tersebut dibuka oleh Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan, Ir Liestiaty F Nurdin yang digelar di Balai Ainun Kota Parepare, Selasa (13/10/2020).

Wakil Walikota Parepare, Pangerang Rahim yang turut hadir pada pembukaan Bimtek tersebut menyampaikan, kolaborasi dan kehadiran Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan pada kegiatan ini merupakan bukti konkret peran Dekranasda dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Parepare.

“Bimtek ini adalah salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat pesisir. Melalui pelatihan ini diharapakan dapat meningkatakan pengetahuan masyarakat pesisir dan pemanfaatan kerang-kerangan yang selama ini belum mampu dioptimalkan pemanfaatannya,”jelas Pangerang.

Pangerang berharap, Dekranasada mampu mendorong ekonomi kreatif masyarakat, yang merupakan wadah pembinaan pengrajin dan berkumpulnya para pencipta-pencipta peminat seni kerajinan para pengurusnya sama-sama memiliki komitmen untuk terus mengembangkan produktifitas pengrajin maupun kualitas dan jaringan pemasaran produk seni kerajinan, termasuk di dalamnya kerajinan kerang-kerangan.

Sementara Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan Liestiaty F Nurdin Mengatakan, dalam Bimtek tersebut Pemrov mendatangkan Pengrajin Kerang-kerangan dari Bekasi untuk membuat masyarakat parepare pintar dengan produk kebanggaanya.

“Kami sengaja mendatangkan Bapak Sumarno dari Bekasi untuk membuat orang Parepare pintar dengan produk kebangaannya yaitu kerang-kerangan, karena itulah yang jadi ciri khas Kota Parepare. Jadi saya berharap, ini dikembangkan dengan baik, karena tiap daerah punya ciri khas dan unggulan masing-masing,”Tandas Lies.

Hal Senada disampaikan Ketua Dekranasda Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan, bahwa Dekranasda Kota Parepare mengambil peran untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi nasional dengan mengembangkan usaha mikro, kecil sebagai motor ekonomi rakyat yang diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan percepatan pemulihan nasional.

“Terimakasih kepada Ketua Dekranasda Provinsi Sulsel yang terus memberikan dukungan untuk pengembangan Kerang-kerangan di Kota Parepare. Itulah yang menjadi salah satu dorongan bagi Dekranasda Parepare untuk semakin bersemangat juga mendorong usaha kecil, khususnya industri pengolahan kerajinan kerang-kerangan. Karena kami yakin, dengan menggerakkan usaha kecil ini, maka perekonomian kita dapat bangkit,”tutup Erna.
(***)

Komentar