oleh

Berbagi Video Edukasi #TiktokPintar, Berhadiah Total Rp 400 Juta

Editor : Syarifah Fitriani-Headline, Teknologi-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Sebagai bentuk apresiasi untuk para kreator video, Tiktok Indonesia menggelar kompetisi video kreatif melalui hashtag #TiktokPintar dan #SamasamaBelajar. Tak tanggung-tanggung, Tiktok menyediakan hadiah uang tunai untuk para pemenang dengan total Rp 400 juta.

Menurut Head of User and Content Operations Tiktok Indonesia, Angga anugrah Putra, tiga tahun berkiprah di Indonesia, sudah banyak pencapaian yang dilakukan Tiktok. Sebagai platform inklusif, pengguna Tiktok di Indonesia sudah melebihi 30 juta orang.

“Pencapaian kami selama tiga tahun ini, perhari itu user bisa membuka aplikasi Tiktok bisa sampai 5 kali. Rata-rata orang Indonesia juga menonton lebih dari 100 video Tiktok per hari,” jelas Angga dan Peluncuran Tiktok Pintar via Zoom, Rabu, 14 Oktober 2020.

Seperti yang diketahui, Tiktok merupakan platform berbagi video dengan durasi yang singkat, didukung dengan musik, dan berbagai filter yang menarik. Aplikasi ini memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk berkreasi sekreatif mungkin. Bahkan di masa pandemi Covid-19, banyak konten kreatif dan informatif yang beredar di aplikasi ini.

Berangkat dari hal itu, Tiktok Indonesia pun menggelar kompetisi dengan hashtag #TiktokPintar dan #SamasamaBelajar. Disini, para kreator diajak membuat video edukasi atau bersifat informatif, seperti konten motivasi, bisnis, tips atau info seluler.

Para kreator pun bisa mengunggah hingga 10 selama kompetisi dengan durasi per video tidak kurang dari 15 menit, menggunakan dua hashtag tersebut. Pengiriman video untuk kompetisi Tiktok Pintar ini hanya dibatasi hingga 27 Oktober 2020.

“Sebarkan konten positif di Tiktok. Apalagi masyarakat indonesia kreativitasnya luar biasa sekali. Jadi diharapkan videonya bisa memberikan dampak positif bagi pengguna lain,” kata Angga.

Angga menambahkan, hingga saat ini, sudah ada 35 ribu video yang masuk dengan hashtag #TiktokPintar dan SamasamaBelajar.

Salah satu Kreator Tiktok sekaligus Dokter Estetika, dr Yessica Tan, ikut berbagi pengalaman kepada para pengguna yang berminat ikut kompetisi dengan total hadian Rp400 juta ini. Baru bergabung Mei lalu tepatnya pada masa pandemi Covid-19, dr Yessica berhasil meraup jutaan followers dengan konsisten membagikan konten informatif berupa tips kesehatan dan kecantikan.

“Jadi awalnya saya diajak teman untuk buat video dan di share di Tiktok. Karena waktu itu kan awal-awal pandemi, jadi waktu untuk bertatap muka dengan pasien itu berkurang drastis. Sekali nyoba bikin video, ternyata ketagihan apalagi respon yang nonton itu pada positif,” akunya.

Ia pun membagikan tips pengguna pemula Tiktok yang ingin ikut kompetisi Tiktok Pintar, untuk membuat konten yang sesuai gayanya sendiri. Meskipun tidak bisa mengedit video, pengguna tak perlu takut, karena platform ini menyediakan beragam filter dan musik.

“Kenali bakat yang dikuasai dan buat video informatif yang dibutuhkan user lain, serta konsisten membuat video. Jadi kreator dan yang nonton itu bisa berinteraksi di kolom komentar,” tandas dr Yessica.

Komentar