oleh

UMKM Dapat Bantuan 2,4 Juta Dari Dinas Koperasi, Ini Persyaratannya

Editor : admin 1, Penulis : Hikmah-Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM– Sebagai bentuk realisasi dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Dinas Koperasi menyalurkan bantuan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) .

Bantuan tersebut diberi nama Banpres Produktif yang bertujuan untuk membantu usaha mikro di seluruh Indonesia.

“Kemarin ada Banpres produktif bantuan untuk pelaku usaha mikro dengan jumlah Rp. 2.400.000 dan kuota 12 juta usaha secara nasional” Ujar Malik Faisal, Kepala Dinas Koperasi Sulawesi Selatan Selasa (20/10/2020)

Saat ini kata Malik, bantuan tersebut telah disalurkan di Sulawesi Selatan dengan jumlah penerima mencapai 150 ribu UMKM.

“Sulsel saat ini sudah 150 ribu UMKM yang menerima, ditetapkan sampai tahap ke 10. Estimasi saya kedepan, penerima diatas 200 ribu UMKM atau setara dengan 480 M uang yang bisa dimanfaatkan masyarakat Sulsel” Lanjutnya.

Lebih jauh kata Malik, jika bantuan ini dimanfaatkan sebagaimana mestinya, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulsel akan ikut meningkat.

“Kalau masyarakat pelaku UMKM punya daya beli, misalnya mampu membeli minyak goreng dan sebagainya, maka akan menimbulkan efek domino dimana sekian persen akan jadi PAD dan mampu mendorong bahkan perusahaan besar karena membantu mendapatkan pasar.” Bebernya

Tidak hanya Banpres produktif, selanjutnya kata Malik ada juga bantuan Super mikro. “Ada pinjaman 10 juta untuk pengusaha mikro, tidak ada agunan, tidak ada bunganya.” Pungkasnya.

Untuk memperoleh bantuan ini kata Malik cukup mengumpulkan Nama, Alamat, Jenis Usaha, Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Telepon, dan Modal Usaha.(*)

Komentar