oleh

DLH Pemkot Parepare Imbau Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan

Editor : Kalmasyari-Berita, Daerah, Parepare-

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kota Parepare, Syamsuddin Taha menghimbau warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama di sekitar Sungai dan Derinase.

“Ini kan memasuki musim penghujan, kami imbau warga jangan buang sampah sembarangan untuk mencegah banjir dan penyumbatan pada derinase,” ucap Syamsuddin Taha. (21/10/2020).

Dia menjelaskan, salah satu penyebab banjir pada musim hujan, selain dampak kiriman air dari hulu, juga terjadinya pendangkalan dan penyempitan daerah aliran sungai. Dari hasil normalisasi yang dilakukan, sungai dangkal dan sempit itu terjadi karena salah satunya penyebab sampah.

“Akibat membuang sampah sembarangan sungai bisa jadi dangkal dan terjadi penyempitan, begitu juga dengan saluran atau derinase air di daerah perkotaan,” kata mantan Kabag Pembangunan Pemkot Parepare itu.

Upaya lain untuk mencegah genangan, lanjut Syamsuddin, pihaknya menurunkan tim kebersihan melakukan pengerukan atau normalisasi pada setiap titik derinase yang ada.

“Tim kita turunkan melakukan pengerukan pada derinase di sejumlah titik. Selain itu kita edukasi warga setempat untuk sama-sama menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” tandasnya.

Sebelumnya Wali kota Parepare HM Taufan Pawe juga menyampaikan imbauan serupa. Taufan Pawe menghimbau agar warga tak membuang sampah sembarangan tempat. Imbauan itu dimaksudkan untuk mencegah genangan air di permukiman warga di musim penghujan ini.

“Di imbau warga jangan buang sampah sembarangan, apalagi pada selokan dan saluran air. Ini bisa menghambat aliran air dan bisa mengakibatkan genangan,” ungkap Taufan Pawe, beberapa waktu lalu.

Perangkat RT/RW harap Taufan Pawe untuk menggalakkan kerja bakti disetiap akhir pekan. Kerja bakti tak hanya membersihkan lingkungan namun juga bisa mempererat silatuhrahmi antar warga.

“Selain bersi