oleh

38 Maba Kurang Mampu Dapat Beasiswa Dhuafa dari UPRI

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Kampus-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM-  Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) Makassar bersama Yayasan Perguruan Tinggi karya Dharma Makassar untuk pertama kalinya memberikan beasiswa pendidikan bagi 38 orang mahasiswa baru.

Pemberian beasiswa tersebut ditujukan bagi mahasiswa baru yang juga merupakan anak yatim piatu serta tergolong keluarga kaum dhuafa.

Rektor UPRI Makassar, Dr Abdul Azis Dp mengatakan, ke 38 orang mahasiswa ini merupakan  mereka yang telah tercatat sebagai mahasiswa baru dan memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Adapun pendaftaran beasiswa ini kata Azis telah dibuka pada Juni lalu dan berakhir pada Oktober 2020.

“Total yang mendaftar ada 51 orang, tetapi yang lolos berkas dan memenuhi kriteria hanya 38 orang. Mereka terbagi dibeberapa jurusan, yakni 13 orang untuk Fakultas Kesehatan Masyarakat, 8 orang untuk fakultas Sosial Politik, 14 orang di fakultas ekonomi serta tiga orang di fakultas Ilmu Pendidikan.” Jelasnya Rabu (21/10/2020)

Lebih jauh kata Azis, program kuliah gratis kaum dhuafa ini akan menanggung biaya pendidikan mahasiswa hingga tamat.

“Syaratnya, mahasiswa yang memperoleh beasiswa ini harus mendapatkan nilai tinggi setiap semesternya dan tidak boleh malas. Jika tidak, beasiswanya akan dicabut.” Pungkas Azis.

Sementara itu, Ketua Yayasan YPTKD, Dra Halijah Nur mengatakan, adanya ide dari yayasan untuk memberikan beasiswa ini bertujuan menjadi gerbang mahasiswa mendapay kesempatan untuk bercita-cita dan bisa hidup lebih layak kedepannya.

“Kami berharap kampus-kampus lain juga bisa ikut membuat program yang bisa memberikan kesempatan belajar pada mereka yang kurang mampu dalam segi finansial,” ungkapnya.

Orangtua dari salah satu penerima Program kuliah Kaum Dhuafa, Siti Hasmiati Hasan sangat berterimakasih atas beasiswa tersebut.

“Alhamdulillah sekarang anak saya M Fadil Ardiansyah masuk prodi sospol tanpa membayar sepeserpun,”ucapnya.