oleh

Bio Farma Bantah Harga Vaksin Covid-19 di Brasil Lebih Murah

Editor : Syarifah Fitriani-Kesehatan-

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Belakangan ini santer kabar bahwa harga vaksin Covid-19 dari perusahaan asal Tiongkok, Sinovac Biotech akan dijual lebih murah di Brasil daripada di Indonesia. Hal itu pun dibantah keras oleh Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir.

Ia mengatakan, Brasil dan Indonesia merupakan dua dari lima negara yang membeli vaksin buatan Biotech. Pihaknya pun telah melakukan klarifikasi ke Sinovac dan pihak Sinovac pun mengatakan info tersebut tidak mendasar. “Isu harga vaksin Brasil lebih murah dari Indonesia itu tidak benar,” ujarnya dalam acara diskusi webinar FMB 9, Rabu (21/10).

Honesti menjelaskan, dalam perhitungan harga vaksin sudah melewati struktur biaya yang telah disepakati secara internasional. Pihaknya pun dalam melakukan penyusunan harga berdasarkan pertimbangan faktor investasi yang dilakukan untuk uji klinis. Ia pun yakin harga yang dibuat akan lebih transparan.

“Kita bekerja sama dengan BPKP, LKPP untuk menyampaikan bahwa harga yang akan disampaikan nanti masih wajar,” tuturnya.

Sebelumnya, Honesti memastikan harga vaksin yang akan dijual di Indonesia berada di kisaran harga Rp 200 ribu per dosis. “Harga untuk vaksin Covid-19 di Indonesia tidak akan memberatkan pemerintah. Kisaran harganya Rp 200 ribu,” kata Honesti dalam keterangan resminya.

Sementara, beredar kabar harga vaksin yang dijual di Brasil dengan harga murah yaitu 1,93 dolar AS per dosis atau sekira Rp 29.400 dengan kurs Rp 15.000 per dolar Amerika Serikat.