oleh

BI Gelontorkan 90 T untuk Pendanaan UMKM

Editor : admin 1, Penulis : Hikmah-Daerah-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM– Bank Indonesia menyiapkan pendanaan UMKM sebesar Rp.90,88 triliunan guna mempercepat realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.

Pendanaan tersebut diwujudkan dalam bentuk Banpres (Bantuan Presiden) kepada UMKM yang terdampak covid 19. Dana ini kemudian disalurkan melalui Bank pemerintah setelah sebelumnya dilakukan pendataan oleh Dinas Koperasi dan UMKM setempat.

Direktur BI Sulsel, Endang Kurnia Saputra menyebutkan, bantuan tersebut diberikan kepada UMKM untuk menghidupkan kembali usahanya yang terkendala akibat Covid-19.

“Jadi bantuan ini untuk UMKM yang terdampak covid, misalnya laundri yang terpaksa tutup karena pandemi.” Katanya dalam acara taklimat bersama media Kamis malam (22/10/2020).

Endang mengungkapkan, sebelum bantuan UMKM ini dihadirkan, pihaknya juga telah menyediakan bantuan-bantuan lainnya.

“Sebelumnya juga disiapkan bantuan untuk masyarakat biasa dengan kuota 700 – 800 ribu penerima. Nah kali ini kita peruntukkan bagi UMKM.” Katanya.

Terakhir Endang menghimbau agar masyarakat benar-benar memanfaatkan bantuan UMKM ini agar UMKM dapat kembali tumbuh.

“Jadi jangan ada lagi yang menagih ke Bank karena tidak mendapatkan bantuan, sebelumnya telah dilakukan pendataan dan yang mendapat bantuan ini adalah mereka yang terdata dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan sebagai penerima bantuan.” Pungkasnya.(*)