oleh

Kasrudi Minta Camat Panakkukang Tertibkan PKL Liar

Editor : admin 1, Penulis : Ratih-Daerah-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Anggota Komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kota Makassar, Kasrudi desak Camat Panakkukang lakukan penertiban secara menyeluruh terhadap sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) yang mangkal di jalan Adipura.

Kasrudi mengatakan terdapat sejumlah lapak diatas got di Jalan Adipura yang digunakan untuk kegiatan UMKM dianggap menggunakan Fasum milik Pemkot Makassar.

“Jadi di Jalan Adipura di atas got itu banyak digunakan aktifitas UMKM, sementara itu fasum/fasos milik pemkot,” ujar Kasrudi, Jum’at (23/10/2020).

Pasalnya, sudah ada laporan yang masuk kepihaknya terkait adanya aktifitas pedagang yang dianggap mengganggu aktifitas jalan masyarakat.

“Laporannya itu sangat mengganggu lebar jalan, sehingga pengguna jalan terganggu,” ungkapnya.

Legislator Gerindra itu, meminta agar Camat Panakkukang melakukan penertiban secara menyeluruh dan tidak ada tebang pilih. Sebab dari pemantauan hanya beberapa lapak saja yang dilaporkan ditertibkan sementara, sisanya dibiarkan begitu saja.

“Jadi kalau bisa hilangkan saja semua, harus disamaratakan, ini camat dia beda-bedakan ada yang dia bongkar ada yang tidak, nah sementara untuk penataan kota harusnya itu dibongkar semuanya,” ungkapnya.

Kasrudi menyebut adanya indikasi pungutan liar yang terjadi di sana. Sementara tak ada sepeserpun retribusi yang sampai ke Pemkot Makassar.

“Ini terindikasi ada pungutan liar yang diambil oleh Camat Panakkukang terkait dengan PKL. Nah ini tidak ada (lahan), itukan harusnya ada, agar PKL ini juga tertib,” terangnya.

Dikatakan Kasrudi, jika penertiban dilakukan pihak Kecamatan perlu membuat lahan khusus agar tidak merusak estetika dan sumber penghasilan PKL tidak hilang.(*)