oleh

KPU Makassar Berencana Menggelar 3 Kali Debat Paslon Wali Kota Makassar

Editor : admin 1, Penulis : Ratih-Pilkada-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar berencana melakukan tiga kali debat pasangan calon Wali Kota Makassar.

Komisioner KPU Makassar Divisi Sosialisasi, Parmas dan Pendidikan Pemilih, Endang Sari mengatakan KPU berencana melakukan tiga kali debat paslon Wali Kota Makassar, yaitu pada minggu pertama November, minggu terakhir November, dan minggu pertama Desember.

“Untuk persiapan debat kami rencanakan akan laksanakan selama tiga kali rencananya di minggu pertama november dan minggu terakhir november dan minggu pertama di bulan desember,” ujar Endang, Jum’at (23/10/2020).

Endang mengatakan saat ini pihaknya sedang dalam proses melist panelis yang akan menjadi panelis saat debat pertama yang disesuaikan dengan subtema yang ditentukan KPU seputar Sosial Budaya, Pendidikan, Keamanan, Lingkungan, Transportasi dan Toleransi.

“Saat ini kita dalam proses melist panelis yang akan menjadi panelis di debat pertama tentunya panelis itu kami akan siapkan disesuaikan dengan subtema yang kami tentukan seputar Sosial Budaya, Pendidikan, Keamanan, Lingkungan, Transportasi dan Toleransi,” ungkapnya.

Pasalnya, lokasi debat paslon Wali Kota Makassar akan berlangsung di Jakarta di stasiun TV nasional sesuai pertimbangan dari PKUP.

“Lokasi rencananya akan bikin di Jakarta di stasiun TV nasional pertimbangannya seperti itu karena PKPU membatasi kita untuk patuh terhadap protokol kesehatan,” jelasnya.

Hal tersebut, dilakukan untuk menghindari hadirnya kerumunan massa supporter dari masing-masing paslon.

“Hal ini diatur dengan tegas jumlah peserta yang boleh hadir dalam setiap debat yang dilaksanakan kalau dulu biasanya banyak supporter hadir dalam studio maka saat ini yang boleh hadir dalam studio 4 orang dari setiap tim paslon kemudian paslon itu sendiri kemudian bawaslu juga dibatasi hanya dua orang dan KPU provinsi 7 atau KPU Kota 5 orang hanya itu yang boleh hadir,” ungkapnya.(*)