oleh

BPNB Giatkan Budaya Lewat Je’ne’berang River Festival

Editor : admin 1, Penulis : Hikmah-Daerah-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM– Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sulawesi Selatan menggelar Je’ne’berang River Festival 2020 bertajuk ‘Merajut Harmoni Kebhinekaan’.

Kegiatan yang berlangsung pada 23 hingga 25 Oktober ini merupakan realisasi dari perwujudan program Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, melalui Undang-Undang No 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Pada kegiatan ini, berbagai pementasan yang melibatkan seniman dan sanggar seni dari Makassar, Gowa, Maros, Takalar, dan Wajo tampil memeriahkan acara yang digelar di sungai Je’ne’berang dan kampung seni baruga kaluarrang ini.

Kepala BPNB Syamsul Risal mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dari sisi budaya.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendokumentasikan karya maestro yang vital dan berkelanjutan, sehingga mengembangkan kemampuan dan kapasitas pelaku atau pengelola pemajuan kebudayaan baik itu perseorangan atau Lembaga ataupun Organisasi Kemasyarakatan di Bidang Kebudayaan,” jelasnya.

Lebih jauh ia mengatakan kehadiran kegiatan ini juga menjadi wadah untuk mengoptimalkan ruang-ruang publik menjadi ruang interaksi budaya.

“Berkebudayaan berarti kita sudah ikut melestarikan warisan nilai budaya, kearifan lokal, yang mencerminkan karakter bangsa. Diharapkan model seperti ini menjadi stimulus bagi pemerintah daerah dalam pemajuan kebudayaan,” katanya.

Sejalan dengan itu, Agung selaku Ketua Panitia mengatakan, berhubung saat ini dalam suasana pandemi maka protokol kesehatan tetap diterapkan.

“Kami menyediakan westafel, masker, dan hand sanitizer, pengunjung tetap di batasi jumlahnya dan tetap menjaga jarak satu sama lain,” katanya.

Terakhir, Agung berharap kegiatan ini kedepannya terus digiatkan.(*)