oleh

KPU Pastikan Debat Pilwali Makassar Digelar di Jakarta

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Ratih-Headline, Pilkada-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan debat calon Wali Kota Makassar akan diselenggarakan di Jakarta.

Komisioner KPU Makassar Divisi Sosialisasi, Permas dan Pendidikan Pemilih, Endang mengatakan terdapat beberapa pertimbangan KPU dalam memilih lokasi debat publik pilkada di Jakarta, salah satunya untuk mengefesienkan anggaran.

Pasalnya, efesiensi anggaran dalam debat publik pilkada jika dilaksanakan di Jakarta hanya 50 persen.

“Kami melakukan efesiensi anggaran karena bila kami melaksanakan di jakarta, di stasiun TV Nasional kami bisa melakukan efesiensi anggaran sampai 50 persen,” ujar Endang, Senin (26/10/2020).

Lebih lanjut, Endang mengatakan selain efesiensi anggaran yang dilaksanakan oleh KPU, hal tersebut juga dilakukan untuk mengantisipasi kerumunan massa saat kampanye debat Pilwali Makassar.

Diakui Endang dalam pilwali makassar beberapa tahun lalu, konsentrasi massa cukup besar selalu terjadi diluar lokasi debat. Sementara, pihakanya harus menegakkan protokol covid-19 sesuai yang tertuang dalam PKPU 13 tahun 2020.

“Disetiap pemilihan yang pernah digelar di Makassar, konsentrasi massa yang cukup besar selalu terjadi diloar lokasi debat. Semantara kami harus menegakkan protokol covid-19 sesuai yang tertuang dalam PKPU 13 tahun 2020. Pelaksanaan ,” ungkapnya.