oleh

Waspada, Satpol PP Makassar Bakal Razia Perokok di KTR

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Dian-Headline, Metro-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Sejak disahkan tahun 2013, Pemerintah Kota Makassar telah mengeluarkan aturan serius untuk mengatasi bahayanya rokok bagi pengguna maupun para perokok pasif.

Peraturan Daerah ( PERDA ) no 4 terkait Kawasan Tanpa Rokok terdiri dari 13 bab dan 26 pasal, dimana KTR itu sendiri didefinisikan sebagai ruangan atau area yang dinyatakan di larang untuk kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan dan /atau mempromosikan produk tembakau.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar mulai menggalakkan peraturan daerah (Perda) nomor 4 tahun 2013 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Kawasan yang diberlakukan KTR yaitu tempat-tempat umum yang artinya dalam otoritas pemerintah misalnya kawasan Anjungan Pantai Losari, Karebosi, kantor-kantor, fasilitas pelayanan kesehatan,
fasilatas umum (hotel, restoran, pusat perbelanjaan , supermarket, bioskop), tempat ibadah dan tempat sarana olahraga.

Kepala Satpol PP Kota Makassar, Imam Hud mengatakan tempat-tempat yang diberlakukan KTR itu seperti bandara misalnya karena termasuk publik pers yang sudah disediakan tempat sarana bebas asap rokok begitupun dengan hotel-hotel yang sudah disediakan sarana.

Ia berharap, agar masyarakat patuh terhadap peraturan, jangan hanya patuh pada Perda Rokok Nomor 4 tahun 2013 bahwa merokok itu merusak kesehatan dan memberikan dampak buruk kepada orang lain. Jadi inti penegakan hukum atau edukasi terdapat pada kesadaran masyarakat itu sendiri.

“Kepatuhan itulah, peraturan bisa berjalan dengan baik, karena peraturan adalah kewajiban yang tak bisa dilanggar. Maka masyarakat sadarlah akan peraturan bahwa itu penting baik untuk diri sendiri maupun orang lain,” pungkas Kasatpol PP Makassar via telfon (25/10).