oleh

AHM Tantang Pelajar SMK Ikut Vocational Video Challenge

Editor : Syarifah Fitriani, Penulis : Hikmah-Edukasi-

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menantang talenta pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) lewat kompetisi Vocational Video Challenge 2020.

Kompetisi ini menantang pelajar yang berasal dari 682 SMK yang menjadi binaan  AHM. Pada kompetisi kali ini, pelajar diminta untuk membuat konten video yang menarik terkait materi ajar yang mereka dapatkan pada kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Tahapan seleksi pada kompetisi ini dilakukan  secara berjenjang dimulai dari seleksi di masing-masing wilayah seluruh Indonesia bekerjasama dengan seluruh jaringan main dealer Honda. Sebanyak 1.203 video berhasil diproduksi dan didaftarkan oleh para peserta ke dalam seleksi regional yang diselenggarakan pada 1-20 Oktober 2020.

Konten video belajar berdurasi sekitar 15 menit tersebut terbagi menjadi 3 tema materi, yaitu penyetelan jarak renggang valve in/out untuk motor Honda jenis skutik, penggantian brake shoe untuk Honda Revo 110, dan teknologi PGM-FI (reset ECM, TP, dan setting altitude).

Hasilnya, tiga siswa-siswi atas nama Kiki Satria, Ahmad Taufik, Nadia yang berasal dari SMK Binaan 45 Makassar menjadi perwakilan Asmo Sulsel di gelaran kali ini.

Manager Technical Service and Department Asmo Sulsel Nindyatama menjelaskan pandemi Covid-19 tidak menghentikan Honda untuk terus berkreasi dalam mendampingi siswa SMK memanfaatkan waktu produktif yang mereka miliki selama pembelajaran jarak jauh.

“Dalam pembelajaran jarak jauh banyak sekali media pembelajaran yang memanfaatkan video untuk mempelajari materi. Melalui kontes ini, siswa SMK ditantang untuk dapat menularkan kreativitas serta mengemas materi belajar dengan cara yang menarik dan menyenangkan tanpa menghilangkan unsur edukatif,” ujar Nindyatama.